Bupati Aceh Barat H Ramli MS merupakan satu-satunya bupati dari Provinsi Aceh yang hadir dalam puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2022, yang dipusatkan di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo secara daring dari Istana Bogor, Jawa Barat.

"Alhamdulillah, saya hadir ke HPN di Kendari, sebagai bentuk penghargaan saya kepada seluruh teman-teman wartawan di seluruh Indonesia," kata Ramli MS kepada ANTARA di Kendari, Rabu.

Menurutnya, peran pers selama ini sangat berjasa dalam mengawal roda pemerintahan, baik di tingkat daerah, provinsi maupun di level nasional.

Tanpa adanya pers, kata dia, masyarakat tidak akan bisa menyuarakan aspirasinya kepada pemerintah.

Selain itu, pers merupakan pilar keempat dalam demokrasi di Tanah Air, yang mampu berperan dalam menyeimbangkan dan mengawal demokrasi.
Bupati Aceh Barat H Ramli MS berswafoto dengan Pimpinan DPR RI Bambang Soesatyo, saat menghadiri puncak Peringatan HPN di Kendari, Rabu (9/2/2022). (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

Untuk itu, melalui HPN Tahun 2022 di Kendari, ia berharap agar insan pers dapat terus melaksanakan tugasnya secara profesional, berintegritas, membela kepentingan publik sesuai dengan kode etik jurnalistik, dan Undang-Undang Pokok Pers Nomor 40 Tahun 1999.

"Tetaplah berkarya sesuai amanah undang-undang, hindari setiap perbuatan yang tidak sesuai dengan kode etik jurnalistik," katanya berpesan.

Melalui Peringatan HPN Tahun 2022, ia juga berharap pers di Tanah Air dapat terus memberikan masukan dan kritik positif bagi kemajuan bangsa dan negara, yang berlandaskan Pancasila, Ketuhanan Yang Maha Esa, dan Undang-Undang Dasar 1945, kata Ramli MS mengharapkan.

Khusus terhadap pelaksanaan HPN Tahun 2022 di Kendari, Bupati Ramli MS juga menyarakankan agar mulai tahun depan, Panitia HPN agar dapat memberi kewenangan kepada setiap pengurus PWI di seluruh Indonesia, agar bisa mencalonkan setiap tokoh di daerah untuk diberikan motivasi membangun bangsa Indonesia. 

Sehingga diharapkan setiap tokoh di daerah, bisa menyampaikan inovasi pembangunan bangsa, seperti yang selama ini telah dilakukan untuk kepentingan seluruh masyarakat, katanya menyarankan.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022