Kegiatan donor darah Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Aceh yang telah berlangsung 2020  mengumpulkan sebanyak 20.735 kantong darah kata pejabat setempat.

“Alhamdulillah donor darah yang digagas Gubernur Aceh sejak Mei 2020 diikuti antusias oleh ASN Pemerintah Aceh sesuai dengan jadwal donor darah,” kata Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh, Muhammad Iswanto di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan kegiatan donor darah yang digelar Pemerintah Aceh tersebut untuk membantu kebutuhan darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

Ia menyebutkan pelaksanaan donor darah Pemerintah Aceh berlangsung di Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) dan Dinas Ketenagakerjaan dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk).

"Alhamdulillah hari ini ada 135 orang ASN Pemerintah Aceh yang mendonorkan darah, kegiatan ini akan terus berlanjut, " kata Iswanto . 

Iswanto mengapresiasi antusias donor darah ASN di kedua Dinas tersebut. Ia mengatakan, capaian donor darah di dinas tersebut melebihi 100 persen. 

"Pak gubernur dan Pak Sekda merupakan pendonor darah rutin di PMI Kota Banda Aceh, " kata Iswanto. 

Ia berharap kegiatan donor darah itu juga dapat diikuti oleh ASN di bawah kewenangan pemerintah kabupaten/kota.

Iswanto menambahkan ada begitu banyak masyarakat yang membutuhkan darah. Bahkan ada sebagian orang yang hidupnya tergantung pada donor darah orang lain, seperti pasien thalasemia. 

"Donor darah ini selain mendapatkan pahala karena membantu sesama, kita juga memiliki badan yang sehat, " demikian Iswanto.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022