Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat di wilayah pantai barat Aceh meliputi Aceh Jaya, Aceh Barat dan Nagan Raya agar mewaspadai potensi banjir dan tanah longsor akibat tingginya intensitas hujan di daerah ini.

“Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dengan adanya bencana hidrometeorologi khususnya banjir dan tanah longsor,” kata prakirawati Stasiun BMKG Meulaboh Nagan Raya Mira kepada ANTARA, Kamis.

Ia menjelaskan, penyebab tingginya curah hujan khususnya di daerah Aceh bagian barat-selatan sejak beberapa terakhir, yaitu terdapat daerah siklonik yang berada di utara pulau Sumatera.

Berdasarkan peta peringatan dini yang dikeluarkan oleh BMKG, kata dia, untuk cuaca pada Jumat (18/2) diprakirakan tidak berpotensi hujan, katanya menambahkan.

Meski sejak beberapa hari terakhir kawasan pantai barat Aceh dilanda hujan lebat, Mira mengatakan tingginya intensitas hujan tersebut juga tidak berdampak ke penerbangan pesawat udara.

“Penerbangan masih bisa dilaksanakan walau pun dengan cuaca hujan,” katanya.

Namun pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada ketika beraktivitas di luar rumah saat terjadinya hujan lebat, sehingga terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022