Tapaktuan (ANTARA Aceh) - Forum Pemuda Labuhanhaji Raya (Forpala-Raya) dan Himpunan Mahasiswa Aceh Selatan (HAMAS) menyatakan siap membantu pelaksanaan kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-95 tahun 2015 di Kecamatan Labuanhaji Barat, Kabupaten Aceh Selatan.
     
"Kami sebagai putra daerah, memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap program TMMD TNI AD di Labuhanhaji Barat, karena kegiatan itu bersentuhan langsung dengan kepentingan dan kebutuhan masyarakat," kata Sekretaris Umum HAMAS yang juga Koordinator Forpala-Raya, Dasrizal Khairy di Tapaktuan, Minggu.
     
Kegiatan TMMD, sambungnya, tidak hanya membangun infrastruktur jalan yang menghubungkan dua kecamatan yakni mulai jalan Desa Tutong, Kecamatan Labuhanhaji Barat sampai Desa Hulu Pisang Kecamatan Labuanhaji Tengah.
     
Disamping itu, ungkapnya, personil TNI juga turut membangun jamban untuk seluruh rumah masyarakat di dua desa yang menjadi sasaran TMMD tersebut, dimana selama ini di lokasi tersebut sangat minim tersedia falisitas MCK.
     
Karena itu, pihaknya mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Bupati Aceh Selatan H T Sama Indra, Dandim 0107/Asel Letkol Inf Hasandi Lubis SIP, Kapolres AKBP Achmadi SIK atas  terlaksananya program TMMD ke-95 di wilayah Kodim 0107/Aceh Selatan tahun 2015 ini yang dipusatkan di Kecamatan Labuhanhaji Barat.
     
"Kami atas nama mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam organisasi Forpala-Raya dan HAMAS, siap membantu dan menyukseskan program TMMD tersebut dengan cara menggerahkan puluhan mahasiswa dan pemuda yang ada di daerah," ujarnya.
     
Acara pembukaan kegiatan TMMD ke 95 Kodim 0107/Asel, berlangsung di lapangan Sepakbola Labuhanhaji Barat, ditandai dengan penyerahan peralatan kerja secara simbolis kepada perwakilan peserta oleh Inspektur Upacara Komandan Lanud SIM Aceh mewakili Kepala Staff AD, Kamis (8/10).
     
Upacara pembukaan turut dihadiri Bupati H T Sama Indra, Dandim Letkol Inf Hasandi Lubis, Kapolres AKBP Ahmadi, para kepala SKPK di lingkup Pemkab Aceh Selatan serta para tokoh masyarakat.
     
Dalam amanatnya, KSAD menyampaikan bahwa program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri, Kementerian, Lembaga Pemerintahan Non Kementerian dan Pemerintah Daerah, serta segenap lapisan masyarakat bertujuan meningkatkan serta mempercepat pemerataan pembangunan di daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
     
"Melalui program ini diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan, secara substansial TMMD merupakan tesis keterlibatan TNI dalam pembangunan pedesaan," ujar KSAD dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Danlanud Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar.
     
Dalam kesempatan itu, KSAD juga menekankan, selain peningkatan fasilitas infrastruktur, peningkatan fasilitas sanitasi di tengah-tengah masyarakat melalui progam pembangunan jamban untuk keluarga miskin juga menjadisasaran utama pihaknya dalam pelaksanaan program TMMD tersebut, sehingga nantinya masyarakat yang kurang mampu seluruhnya memiliki jamban keluarga sehingga kehidupannya berlangsung bersih dan sehat.

Pewarta: Pewarta : Hendrik

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015