Sebanyak 130 tukik dilepas di Pantai Pasir Jalang, Lhoknga Kabupaten Aceh Besar dalam upaya menjaga ekosistem agar tetap seimbang.

“Tukik yang dilepaskan tersebut merupakan hasil penangkaran oleh LSM Seulanga Aceh bekerja sama dengan mahasiswa FMIPA Biologi, dan masyarakat sekitar Pasie Jalang,” kata Pembina LSM Seulanga Aceh, Lenni Fitri di Aceh Besar, Senin.

Ia menjelaskan telur penyu tersebut didapatkan di Pantai Pasie Jalang dengan cara melihat musim penyu naik, biasanya naik pada bulan Oktober sampai Desember. 

“Setelah didapatkan telurnya akan dimasukkan lagi ke dalam kerangkeng penangkaran,” katanya.

Sejak 2020, LSM Seulanga Aceh sudah melepaskan sekitar 700 ekor tukik. Kegiatan ini juga akan terus dilanjutkan rutin tiap tahunnya. 

"Sejak Januari kemarin sudah kita lepaskan secara internal sebanyak 100 ekor tukik," kata Ketua LSM Seulanga Aceh, Wardana Prasetya. 

Ia berharap pemerintah terus mendukung upaya-upaya LSM dalam menjaga lingkungan. 

Kepala Bank Indonesia, Achris Sarwani  yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut bersama Dirut Bank Aceh Syariah, Haizir Sulaiman mengatakan kegiatan tersebut juga bagian dari mendukung green economy sebagai salah satu tema Presidency Indonesia di G20 tahun 2022.

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022