Blangpidie (ANTARA Aceh) - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai mempersiapkan jadwal tanam padi secara serentak pada musim tanam rendengan tahun 2015 untuk mencapai swasembada pangan nasional.
     
Wakil Bupati Abdya Erwanto di sela-sela acara musyawarah petani turun sawah di Blang Pidie, Selasa  mengatakan, Pemkab Abdya kini sedang mempersiapkan jadwal turun sawah dengan melakukan musyawarah di setiap kecamatan.
     
"Musyarawarah dengan para petani yang difasilitasi camat ini, kita lakukan untuk mendengarkan keluhan-keluahan mereka dalam melaksanakan program tanam padi serentak pada musim tanam rendengan tahun ini," katanya.
     
Dalam musyawarah yang telah digelar di empat kecamatan, sebagian petani menyampaikan keluhan saluran irigasi, meskipun demikian, mereka tetap bersemangat untuk segera turun sawah secara serentak.
     
"Setiap musyawarah dengan petani di kecamatan, kita selalu ajak orang dinas pekerjaan umum, bidang pengairan, supaya, keluhan petani tentang air bisa langsung ditanggapi untuk dilakukan perbaikan," kata Wabup.
     
Erwanto melanjutkan, dalam musyawarah yang telah dilakukan, para petani bersefakat untuk menyukseskan program tanam serentak musim tanam rendengan tahun ini dengan jadwal bulan Desember.
     
Kemudian,  lanjutnya, untuk persiapan lain seperti sarana dan prasarana pertanian seperti alat-alat pengolah sawah kini sedang dilakukan pendataan oleh pihak dinas di setiap desa.
     
"Rencana kita, pada tahun ini semua traktor tangan milik pemerintah yang ada di setiap kecamatan akan kita serahkan pada Badan Usaha Milik Desa (BUMD) untuk dikelola," katanya.
     
Selain dari itu, kata dia lagi, Pemkab Abdya pada tahun ini juga memberikan bibit padi secara gratis kepada petani sebagaimana pada musim tanam tahun-tahun sebelumnya dengan jenis varietas Ciugelis, Ciherang dan Cintandoi.
     
"Varietas yang diberikan secara gratis ini sesuai permintaan para petani sawah sendiri pada saat musyawarah kecamatan yang telah kita lakukan," demikian Wabub Abdya.  

Pewarta: Pewarta : Suprian

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015