Pemerintah Kabupaten Aceh Barat terus meningkatkan sosialisasi pemantapan ideologi Pancasila bagi seluruh siswa di daerah itu, dalam rangka meningkatkan rasa cinta tanah air bagi generasi muda.

“Sosialisasi ini harus terus dilakukan, karena dapat meningkatkan kecintaan generasi millennial terhadap Bangsa Indonesia,” kata Bupati Aceh Barat H Ramli MS di Meulaboh, Rabu.

Menurutnya, sosialisasi Pancasila kepada kalangan siswa, merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam menjaga dan memberikan pemahaman yang benar, terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam setiap butir Pancasila.

Selain itu, sosialisasi tersebut juga sangat penting dilakukan untuk membentengi generasi penerus bangsa, dari paham dan ideologi yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kebangsaan di tengah maraknya perkembangan teknologi dan informasi.

Ramli MS juga menegaskan generasi muda juga berperan penting dalam menjaga dan melestarikan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, karena generasi bangsa nantinya yang akan melanjutkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Tanah Air.

Untuk itu, kata dia, pemerintah daerah berkewajiban melindungi dan menjaga generasi milennial dari berbagai pengaruh negatif di era informasi digital saat ini, termasuk pengaruh yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

“Pelatihan ini akan terus digelar di setiap sekolah yang ada di Aceh Barat, sehingga generasi muda akan lebih paham nilai-nilai Pancasila dan kebangsaan, demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia di masa depan,” kata Ramli MS mengharapkan.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022