Pemerintah Kota (Pemkot) Subulussalam, Aceh, mulai menerapkan e-kinerja yang merupakan aplikasi berbasis digital yang akan mendokumentasikan kinerja aparatur sipil negara di daerah itu.

Wali Kota Subulussalam Affan Alfian Bintang di Subulussalam, Senin, mengatakan aplikasi e-kinerja ini merupakan perwujudan dari visi dan misi pemerintah daerah menyelenggarakan tata pemerintahan profesional.

"Penerapan e-Kinerja ini akan menghasilkan dokumentasi kerja pegawai dengan baik karena setiap pegawai akan mengisi daftar apa yang dikerjakan setiap hari," kata Affan Alfian Bintang.

Wali Kota mengatakan sistem e-kinerja merupakan alat ukur prestasi kerja, baik organisasi maupun aparatur sipil negara (ASN). Aplikasi itu sekaligus memantau serta mengevaluasi kinerja masing-masing satuan kerja dan pegawai di lingkup Pemkot Subulussalam.

Affan Alfian Bintang mengharapkan penerapan e-Kinerja bisa meningkatkan kesejahteraan ASN. Dan diharapkan juga dapat memberikan dampak positif terhadap pelayanan kepada masyarakat secara optimal.

"Penerapan e-kinerja ini terintegrasi dengan tambahan penghasilan pegawai. Pemberian tambahan penghasilan ini merupakan bentuk penghargaan kepada ASN," kata Affan Alfian Bintang.

Menurut Affan Alfian Bintang, pemberian tambahan penghasilan pegawai harus memiliki dasar hukum, pedoman dan indikator penilaian, sehingga diharapkan dapat meningkatkan disiplin, motivasi, kinerja dan kesejahteraan ASN.

"Dengan penerapan aplikasi ini nantinya bisa juga mengontrol kehadiran dan pencapaian kuantitas kerja setiap ASN. Termasuk apa saja yang mereka kerjakan secara berkala, seperti harian," kata Affan Alfian Bintang.
 

Pewarta: Fakhrul Razi Anwir

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022