Meulaboh (Antara) - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) 2016 senilai Rp1,250 triliun.

Bupati Aceh Barat H T Alaidinsyah di Meulaboh, Jumat mengatakan bahwa besaran angka APBK tersebut terbukti mengalami peningkatan yang sangat signifikan dari rencangan tahun sebelumnya senilai Rp1,031 triliun.

"Kami mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada sidang dewan terhormat yang telah bersama-sama dengan Pemerintah Daerah membahas Rancangan Qanun APBK ini,"katanya.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam pidatonya pada penutupan rapat paripurna ke-VII DPRK Aceh Barat tentang pembahasan dan penetapan rancangan qanun APBK tahun anggaran 2016 di aula kantor DPRK setempat.

Penetapan tersebut merupakan kesepatakan dari hasil pembahasan bersama pihak eksekutif dan legislatif, pembahasan ini demi kebutuhann pembiayaan program-program pembangunan di daerah itu.

Kata Alaidinsyah, setelah adanya penetapan rancangan qanun APBK 2016 tersebut, kemudian akan dikonsultasikan kepada pemerintah Aceh untuk dievaluasi dan memperoleh masukan guna perbaikan dan nantinya akan disahkan dalam bentuk qanun APBK Aceh Barat.

Ini merupakan sebuah bukti, bahwa kebersamaan dan kemitraan yang dilandasi semangat membangun, melayani masyarakat luas sehingga masyarakat dapat melihat bahwa pemerintah dan wakilnya menjunjung tinggi kepedulian terhadap daerah.

Lebih lanjut dikatakan, dengan telah disahkannya APBK 2016 ini, Alaidinsyah meminta SKPK sebagai unsur pelaksana agar dapat mempergunakan dengan sebaik-baiknya dan se-efektif mungkin.

Dia menyebutkan, pelaksanaan anggaran tahun 2016 merupakan tahun ke-empat bagi dirinya dalam menjalankan roda pemerintahan daerah tersebut, karenanya anggaran yang diberikan benar-benar bermanfaat bagi kepentingan masyarakat luas.

Meskipun disadari dalam setiap tahapan pembahasan rancangan APBK 2016 tersebut terdapat sedikit perbedaan persepsi, dirinya meminta maaf dan hal itu dijadikan pedoman untuk penyempurnaan kearah yang lebih baik.

"Kami berharap adanya sinergisitas dan kerjasama yang baik semua yang terlibat dalam pengunaan anggaran yang telah diprogramkan dapat terlaksana dengan baik serta mencapai sasaran,"sebutnya.

Penutupan sidang yang dipimpin Ketua DPRK Ramli,SE tersebut disudahi dengan penandatanganan berita acara yang dilakukan Bupati H T Alaidinsyah, Wakil Ketua DPRK Ramli, Ms dan Kamaruddin, SE disaksikan seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK).

Pewarta: Pewarta : Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015