Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Simeulue, Aceh, menyatakan hingga saat ini pasien demam virus corona di kabupaten kepulauan itu tinggal dua orang lagi.

"Sebelumnya ada beberapa orang pasien yang dirawat karena terkonfirmasi positif COVID-19. Kini, pasien COVID-19 tinggal dua orang lagi dan dirawat di rumah sakit umum daerah," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Simeulue Farhan di Simeulue, Senin.

Menurut Farhan, sebelumnya di Kabupaten Simeulue ada 24 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19. Namun seiring waktu, pasien tersebut dinyatakan sembuh setelah mendapatkan perawatan medis.

"Mereka dirawat serta menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing tetap dipantau tim medis dan aparatur kecamatan dan desa. Pemantauan untuk memastikan mereka menjalani perawatan dan isolasi sesuai prosedur," kata Farhan.

Farhan mengatakan dengan adanya warga Simeulue yang terkonfirmasi positif COVID-19, maka Kabupaten Simeulue keluar dari zona hijau. Padahal, Kabupaten Simeulue sejak dua bulan terakhir masuk zona hijau setelah nihil kasus COVID-19.

Terkait status zona Kabupaten Simeulue, Farhan mengaku belum bisa menjelaskan. Sebab hingga kini belum ada informasi terbaru dari Satgas Penanganan COVID-19 Nasional.

Selain itu, Farhan juga mengingatkan masyarakat di kabupaten kepulauan tersebut untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan karena pandemi COVID-19 belum berakhir.

"Tetap disiplin terhadap protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, serta menghindari kerumunan. Protokol kesehatan merupakan cara efektif mencegah penularan dan penyebaran COVID-19," kata Farhan

Farhan juga mengajak masyarakat yang belum mengikuti vaksinasi vaksin dosis lengkap untuk segera mendatangi gerai-gerai vaksin. Sebab, vaksinasi merupakan ikhtiar bersama mengakhiri pandemi COVID-19

"Untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19, Kabupaten Simeulue saat ini sudah berada di angka 99 persen dari jumlah penduduk Simeulue. Kami mengajak yang belum divaksin untuk segera mengikuti vaksinasi," kata Farhan.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022