Tapaktuan (ANTARA Aceh) -  Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan pada tahun 2016 menganggarkan dana Rp15 miliar untuk merevitalisasi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Labuhanhaji Barat menjadi Rumah Sakit Ibu dan Anak.

"Peningkatan pembangunan Puskesmas Labuhanhaji Barat menjadi rumah sakit menjadi program prioritas untuk direalisasikan tahun 2016, karena wilayah ini merupakan pintu masuk sebelah barat kabupaten," kata Bupati Aceh Selatan H T Sama Indra kepada wartawan di Tapaktuan, Rabu.

Bupati menyatakan, untuk persiapan realisasi pembangunan rumah sakit tersebut, pihaknya telah menganggarkan anggaran mencapai Rp15 miliar bersumber Dana Alokasi Khusus (DAK) tambahan tahun 2016 serta penambahan lahan seluas 2 hektare dari yang sudah ada 1 hektare sehingga menjadi 3 hektare.

"Program peningkatan pembangunan Puskesmas Labuhanhaji Barat sudah lahir sejak awal kepemimpinan kami. Dari lubuk hati yang dalam, keinginan itu sedikit tersandung karena kesiapan anggaran. Kita berminat peningkatan pembangunan Puskesmas ini lebih maksimal dengan serapan anggaran yang lebih lumayan," kata Sama Indra.

Menurutnya, pembangunan Puskesmas Labuhanhaji Barat harus didesain dengan baik dan matang, sehingga tatanan dan letak ruangan pengobatan, rawat inap, poli, administrasi dan fasilitas lain bisa mengakomodir kebutuhan sesuai perkembangan zaman.

"Kami tidak menginginkan program pembangunan yang dilakukan tanpa perencanaan yang matang bagaikan diibaratkan arang habis besi binasa. Pemkab Aceh Selatan akan menggelontorkan dana dalam jumlah besar untuk memajukan Puskesmas ini, sehingga kelak Puskesmas Labuhanhaji Barat ini akan menjadi rumah sakit," tambah Bupati.

Menurut Bupati, rencana pembangunan Rumah Sakit Ibu dan Anak tersebut telah mendapat dukungan dari beberapa kepala daerah kabupaten/kota tetangga.

Pihaknya meyakini, jika Puskesmas Labuhanhaji Barat  tersebut berhasil direvitalisasi menjadi Rumah Sakit Ibu dan Anak maka akan menjadi salah satu rumah sakit rujukan di pesisir Pantai Barat Selatan Provinsi Aceh.

"Untuk mewujudkan aspirasi ini, kami siap bekerja keras dan malaksanakan peningkatan pembangunan secara strategis, bertahap dan berkesinambungan, sebab masyarakat di sini sangat mendambakan hadirnya rumah sakit tersebut," imbuhnya.

Bupati menambahkan, peningkatan pembangunan fasilitas kesehatan masyarakat tidak hanya terfokus di Labuhanhaji Barat.

Pihaknya juga sedang giat membangun beberapa Puskesmas lain di beberapa kecamatan dengan menggelontorkan dana mencapai puluhan miliar rupiah. Seperti pada tahun anggaran 2015, telah dilaksanakan revitasilasi atau peningkatan pembangunan Puskesmas Kluet Selatan, Sawang, Labuhanhaji Timur, Trumon Tengah dan Kluet Timur.

Pewarta: Pewarta : Hendrik

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015