Ribuan umat muslim pengikut Thariqat Syattariyah di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh hingga kini telah mulai melaksanakan ibadah puasa bulan suci Ramadha 1443 Hijriyah.

“Alhamdulillah, hari ini sudah dua hari kami melaksanakan ibadah puasa Ramadhan pada tahun ini,” kata pemegang amanah keluarga besar Abu Habib Muda Seunagan, Abu Said Kamaruddin kepada ANTARA, Jumat sore.

Ia menjelaskan, dasar pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan pada tahun ini didasarkan pada hasil hisab yang dilakukan pada musyawarah para ulama, teungku dayah serta khalifah Thariqat Syattariyah pada tanggal 15 Sya’ban 1443 Hijriyah lalu.

Berdasarkan hasil hisab tersebut, akhirnya ditetapkan jatuhnya bulan puasa Ramadhan 1443 Hijriyah yaitu pada Hari Kamis, Tanggal 31 Maret 2022 lalu.

Meski melaksanakan puasa lebih awal, kata Abu Said Kamaruddin, hal tersebut merupakan hal yang lumrah di masyarakat Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh.

Mengingat perbedaan pelaksanaan ibadah puasa oleh pengikut Abu Habib Muda Seunagan, seorang ulama kharismatik Aceh, telah terjadi setiap tahun dan hal ini tidak menjadi masalah di masyarakat.

Untuk itu, Abu Said Kamaruddin meminta kepada masyarakat agar tidak menjadikan momentum awal Ramadhan ini sebagai perbedaan, akan tetapi dapat saling menghargai satu sama lain.

“Ramadhan ini momentum kita untuk meningkatkan ibadah, kita juga mendoakan agar pandemi COVID-19 dapat segera berakhir di Tanah Air,” demikian Abu Said Kamaruddin.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022