Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Tengah terus meningkatkan layanannya hingga menyasar desa-desa terpencil.

Kepala Dinas Dukcapil Aceh Tengah Mustafa Kamal mengatakan pelayanan di tingkat kampung menjadi fokus pihaknya pada tahun ini dengan menggandeng lebih banyak desa khususnya desa terpencil untuk bisa melakukan pelayanan administrasi kependudukan.

"Sebenarnya ini bukan program baru, kita sudah coba mulai sejak tahun 2020 dan saat ini ada 40 kampung yang sudah bisa melakukan pelayanan pengajuan berkas masyarakat hingga pencetakan dokumen, tanpa harus masyarakat datang sendiri ke kantor Disdukcapil," kata Mustafa Kamal, Sabtu.

Menurutnya pelayanan Adminduk di tingkat kampung diharapkan dapat lebih memudahkan masyarakat sekaligus menjadi langkah strategis untuk mewujudkan validitas serta updating data kependudukan. 

Mustafa mengatakan pihaknya secara berkelanjutan akan melakukan sosialisasi dan mendatangi kampung-kampung terpencil untuk meninjau kesiapan perangkat maupun sumber daya aparatur yang mampu dan memiliki integritas untuk mengelola pelayanan dimaksud.

"Semangat memberikan pelayanan publik yang cepat dan mudah terutama untuk kampung atau wilayah yang jauh dari Takengon merupakan penegasan Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar, bahkan menjadi jargon pemerintah daerah," kata Mustafa Kamal.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022