Meulaboh (ANTARA Aceh) - Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, berkunjunga ke Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh dalam rangka mempelajari komparasi dan sharing terkait proses penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh Barat H T Ahmad Dadek di Meulaboh, Rabu mengatakan pihaknya menyambut baik kunjungan studi banding dari jajaran Bappeda Pemko Bandung terhadap RKPD yang telah memperoleh perhargaan terbaik-I nasional pangripta nusantara 2015.

"Kunjungan kali ini memfokuskan kepada studi komparasi dan sharing terkait proses penyusunan RKPD, kalau beberapa haru lalu Pemkab Aceh Barat mendapat kunker studi banding dari Pemkab Musi Rawas Sumsel," sebutnya.

Dia menjaskan, rombongan Bappeda Kota Bandung berjumlah tujuh orang dipimpin Dra Kamalis Purbani, pertemuan tersebut membahas strategi sehingga  mewujudkan suatu RKPD yang sesuai dengan ketentuan dan peraturan berlaku.

Dalam acara yang berlangsung di kantor Bappeda Aceh Barat ini, dirinya langsung menjadi pemateri untuk menyampaikan bagaimana upaya, tahapan, strategi dan kebijakan apa saja yang dilakukan sehingga menghasilkan RKPD yang membanggakan daerah.

Pada pertemuan yang penuh suasana hangat dan kekeluargaan ini turut dihadiri unsur SKPK Aceh Barat, kedua belak pihak juga saling sharing menyangkut peningkatan sumberdaya aparatur perencana.

"Mereka saling shering bagaimana meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan, peningkatan sumberdaya aparatur perencana, pemanfaatan teknologi informasi terkini guna mendukung proses dan sistem perencanaan," imbuhnya.

Kegiatan tersebut diharapkan menjadi upaya yang berkelanjutan untuk mewujudkan perencanaan yang baik, aspratif, kredibel, dan akuntabel pada masing-masing daerah.

Pewarta: Pewarta : Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015