Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat mulai membuka penerimaan mahsiswa baru tahun akademik 2022/2023 secara nasional, melalui Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PPTKIN). 

“Untuk tahun ini kita menyediakan 400 kursi untuk mahasiswa baru secara nasional,” kata Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat, Cand Dr.Muhsinuddin.MM di Meulaboh, Selasa.

Ada pun jurusan yang dibuka pada tahun ajaran ini, kata dia yaitu jurusan Syariah dan Ekonomi Islam, jurusan Tarbiyah dan Keguruan, serta Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam.

Menurutnya, pola seleksi ini dilaksanakan secara nasional oleh seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), diantaranya seperti Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) di seluruh Indonesia.

Muhsinuddin menjelaskan jalur UM-PTKIN merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan secara serentak seluruh UIN/IAIN/STAIN seluruh Indonesia. 

Proses penerimaan calon mahasiswa baru secara nasional tersebut, kata dia, menggunakan ujian berbasis sistem seleksi elektronik (SSE).
 
Ada pun syarat pendaftaran melalui jalur tersebut, kata dia, calon mahasiswa harus menyiapkan sejumlah persyaratan diantaranya seperti pelamar merupakan lulusan MA/SMA/SMK/sederajat, yang lulus pada tiga tahun terakhir yakni tahun lulus 2020, 2021 dan 2022.

Kemudian bagi lulusan tahun 2021 dan 2021 harus memiliki ijazah, sedangkan yang lulus tahun 2022 dapat menggunakan surat keterangan lulus (SKL) atau ijazah, dan 
SKL yang ditandai dengan pas foto terbaru dan ditandai stempel sekolah akan divalidasi sebelum pelaksanaan ujian.

Sehat jasmani dan rohani sehingga tidak mengganggu pelaksanaan proses pembelajaran, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTKIN.

Ada pun jadwal pendaftaran jalur UM-PTKIN, kata dia, pendaftaran dan pembayaran di mulai sejak tanggal 25 April hingga 4 Juni 2022, dan pelaksanaan ujian sistem  SSE di mulai tanggal 14 juni hingga 17 Juni 2022, dan pengumuman kelulusan pada tanggal 30 Juni 2022, kata Muhsinuddin.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022