Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh menyarankan pemudik balik lebih awal guna menghindari kemacetan saat puncak mudik libur lebaran yang diperkirakan akhir pekan mendatang.

Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani di Banda Aceh, Kamis, mengatakan kondisi lalu lintas di provinsi ujung barat Indonesia tersebut cukup padat, baik di jalur timur maupun barat.

"Kami imbau masyarakat yang mudik lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah untuk balik lebih awal. Puncak arus balik diperkirakan pada Sabtu (7/5) dan Minggu (9/5)," kata Kombes Pol Dicky Sondani.

Menurut perwira menengah Polri tersebut, saat puncak arus balik akan terjadi kemacetan berjam-jam di jalan. Karena itu, untuk menghindari kemacetan, disarankan balik lebih awal.

Selain itu padatnya kendaraan, kata Kombes Pol Dicky Sondani, kemacetan juga dipengaruhi adanya pekerjaan pembangunan jembatan. Seperti di jalur barat di kawasan Kabupaten Aceh Barat

"Di wilayah Bubon, Kabupaten Aceh Barat masih ada pekerjaan jembatan yang belum selesai, sehingga kendaraan yang lewat harus bergantian dan menyebabkan kemacetan yang panjang," kata Kombes Pol Dicky Sondani.

Sebelumnya, kata Kombes Pol Dicky Sondani, ribuan kendaraan meninggalkan Banda Aceh, ibu kota Provinsi Aceh untuk mudik ke beberapa daerah di Aceh pada H+3 lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Berdasarkan pantauan kami pada Rabu (4/5) hingga malam, ada ribuan kendaraan meninggalkan Banda Aceh. Mereka mudik ke berbagai daerah di Aceh.

Dari komunikasi dengan para pemudik, kata Kombes Pol Dicky Sondani, mereka baru bisa pulang kampung pada H+3 berlebaran di Banda Aceh. Ada juga dapat izin libur setelah 4 Mei 2022. 

"Banyaknya kendaraan meninggalkan pemudik berdampak pada kemacetan lalu lintas, terutama di jalur timur di wilayah Pidie, Bireuen, dan Lhokseumawe serta juga wilayah Aceh Tengah," kata Kombes Pol Dicky Sondani.

Kombes Pol Dicky Sondani mengimbau kepada pemudik agar memperhatikan kondisi kesehatan saat mengendarai kendaraan bermotor. Kalau lelah dan ngantuk segera istirahat. Termasuk memperhatikan kelaikan kendaraan.

"Waspadai cuaca. Di antara faktor penyebab kecelakaan lalu lintas adalah cuaca. Hujan sudah mulai turun di wilayah Aceh. Akibat hujan bisa terjadi jalanan licin, air tergenang di jalan dan banjir," kata Kombes Pol Dicky Sondani.
 

Pewarta: Muhammad HSA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022