Dinas Kesehatan Kabupaten Simeulue, Aceh, menyatakan sebanyak 14.325 warga dari sasaran 70 ribuan orang di kabupaten kepulauan di Samudra Hindia tersebut sudah menerima vaksin COVID-19 dosis ketiga atau penguat.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Simeulue Hanafi Lubis di Simeulue, Minggu, mengatakan capaian vaksinasi vaksin COVID-19 dosis ketiga tersebut terus meningkat.

"Persentase vaksinasi vaksin COVID-19 dosis penguat di Kabupaten Simeulue mencapai 26,7 persen. Capai tersebut berada di peringkat tiga se Provinsi Aceh," kata Hanafi Lubis.

Sedangkan vaksinasi vaksin COVID-19 dosis kedua, kata Hanafi Lubis, Kabupaten Simeulue berada di posisi empat dengan capaian 84,1 persen atas sebanyak 58.530 orang

"Untuk dosis pertama, capaian vaksinasi vaksin COVID-19 sudah seratus persen. Tentunya, capaian ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat Kabupaten Simeulue," kata Hanafi Lubis.

Sementara itu, Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Simeulue terus mengajak masyarakat di kabupaten kepulauan tersebut mengikuti vaksinasi vaksin COVID-19 dosis lengkap.

"Bagi yang belum menerima vaksin dosis lengkap, baik pertama, kedua, dan ketiga atau penguat, segera mengikuti program vaksinasi dengan mendatangi fasilitas kesehatan maupun gerai-gerai yang dibuka khusus," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Simeulue Farhan.
 
Farhan mengatakan vaksinasi merupakan program pemerintah memutus mata rantai penularan dan penyebaran COVID-19. Program vaksinasi juga sebagai upaya mengakhiri pandemi dan menuju endemi COVID-19.

Selain mengikuti vaksinasi, Farhan juga mengajak masyarakat Simeulue untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, serta tidak berkerumun.

"Tetap patuhi protokol kesehatan karena pandemi COVID-19 belum berakhir. Protokol kesehatan merupakan cara efektif mencegah penularan dan penyebaran COVID-19," kata Farhan.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022