Pengurus Provinsi Perkumpulan Panahan Indonesia (Pengprov Perpani) Aceh menyatakan sebanyak 400 atlet panahan dari 43 klub yang tersebar di 11 provinsi sudah mendaftarkan diri mengikuti kejuaraan Indonesia Terbuka.

Ketua Umum Pengprov Perpani Aceh Nyak Amir di Banda Aceh, Kamis, mengatakan kejuaraan panahan Indonesia Terbuka tersebut digelar di Banda Aceh 22 hingga 28 Mei 2022.

"Saat ini, berbagai persiapan kejuaraan panahan tersebut sudah mencapai 90 persen. Peserta yang sudah mendaftar sebanyak 400 pemanah dari 43 klub di 11 provinsi di Indonesia," kata Nyak Amir.

Didampingi Ahmad Husein, ketua panitia kejuaraan, Nyak Amir mengatakan 30 persen dari peserta yang mendaftar tersebut dari luar Aceh. Sebagian besar dari provisi di Pulau Sumatra. 

"Selain itu juga ada dari DKI Jakarta, Pulau Kalimantan, serta beberapa provinsi di Indonesia timur. Target kami, kejuaraan ini diikuti 500 atlet panahan," kata Nyak Amir.

Nyak Amir yang juga Sekretaris Jenderal PB Perpani mengatakan kejuaraan panahan Indonesia Terbuka tersebut Sirkuit Nasional Stage I. Kejuaraan tersebut dipusatkan di Lapangan Tugu, Kampus Darussalam, Kota Banda Aceh.

Nyak Amir mengatakan kejuaraan panahan tersebut menjadi ajang simulasi bagi Aceh sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI bersama Sumatera Utara pada 2024. Di mana, cabang olahraga panahan diperlombakan di Aceh.

Kejuaraan tersebut akan memperlombakan divisi recurve, compound, nasional dan barebow perorangan, beregu putra-putri dan beregu campuran. Kejuaraan itu memperebutkan 31 medali emas, 31 perak, dan 31 perunggu.

"Kejuaraan ini juga sebagai kalender kegiatan PB Perpani untuk menentukan peringkat atlet panahan Indonesia, mengukur, dan mengevaluasi hasil pembinaan dan mendeteksi bakat atlet," kata Nyak Amir.
 

Pewarta: Muhammad HSA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022