WIM Dewi Ardhiani Anastasia Citra selangkah lebih dekat untuk bisa meraih medali emas pada nomor catur standar atau klasik SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam.

Dia hanya butuh satu kemenangan atau hasil remis pada pertandingan babak kesembilan melawan WGM Frayna Janelle Mae asal Filipina di Quang Ninh Exhibition Center, Minggu (15/5).

Hasil ini tak lepas dari penampilan apik WIM Dewi Citra pada hari keempat, Sabtu, dengan menyapu bersih babak ketujuh dan kedelapan dengan kemenangan.

Baca juga: SEA Games Vietnam - Pesenam putri Rifda Irfanaluthfi raih emas

Pada babak ketujuh yang berlangsung Sabtu pagi, dia mengalahkan wakil Singapura WGM Gong Qianyun. Kemudian sore harinya, WIM Dewi Citra kembali tampil apik dengan melibas pecatur Filipina Fronda Jan Jodilyn.

Kemenangan tersebut membuat WIM Dewi Citra kokoh di puncak klasemen catur klasik dengan raihan 6,5 poin.

Dia berada di atas sang kompatriot IM Irene Kharisma Sukandar dan wakil tuan rumah WGM Hoang Thi Bao Tram yang berada di urutan kedua dan ketiga dengan sama-sama mengantongi 5,5 poin.

Baca juga: SEA Games Vietnam - Andy dan Tiara tercepat pada kualifikasi downhill

Dengan selisih 1 poin, hasil remis pada babak kesembilan cukup untuk mengantarkan WIM Dewi Citra menjadi juara dalam pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara edisi ke-31 tersebut.

Sementara IM Irene akan berhadapan dengan WIM Puteri Munajjah Az-Zahraa Azhar dari Malaysia pada babak kesembilan, Minggu. Hoang Thi Bao Tram akan melawan WFM Tan Li Ting dari Malaysia.

Baca juga: SEA Games Vietnam - Dayung Indonesia raih delapan emas dari rowing

IM Irene dan WGM Hoang Thi Bao Tram juga memiliki potensi untuk menyabet emas. Dengan catatan mereka wajib menang pada babak kesembilan dan pada sisi lain WIM Dewi Citra menelan kekalahan.

Dengan begitu, penentuan pemenang catur klasik SEA Games Vietnam akan dihitung melalui tie break.
 

Pewarta: Muhammad Ramdan

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022