Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Simeulue, Aceh, menyatakan sebanyak 845 warga lanjut usia (lansia) di kabupaten kepulauan tersebut sudah divaksin dosis ketiga atau penguat.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Simeulue Farhan di Simeulue, Selasa, mengatakan capaian vaksinasi vaksin dosis penguat untuk lansia tersebut masih rendah. 

"Dari sasaran 5.385 orang lanjut usia, yang sudah divaksin dosis penguat baru 845 orang atau 16 persen. Ini menjadi tugas kami bersama mitra terkait lainnya," kata Farhan.

Farhan mengatakan pihaknya bersama instansi terkait lainnya terus meningkatkan capaian penerima vaksin COVID-19 dengan mengintensifkan vaksinasi harian.

"Kepada masyarakat, termasuk lanjut usia yang belum menerima vaksin dosis ketiga agar segera mendatangi fasilitas kesehatan maupun gerai-gerai vaksinasi yang disediakan," kata Farhan.

Menurut Farhan, vaksin dosis ketiga tersebut penting sebagai pelengkap untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap COVID-19. Vaksinasi vaksin dosis lengkap ini merupakan upaya pemerintah mengakhiri pandemi COVID-19.

"Pandemi COVID-19 belum berakhir. Mari kita dukung upaya pemerintah mengakhiri pandemi dengan mengikuti vaksinasi serta dengan selalu mematuhi protokol kesehatan," kata Farhan.

Terkait capaian vaksinasi COVID-19 secara keseluruhan di Kabupaten Simeulue, Farhan mengatakan untuk dosis pertama sudah mencapai 100 persen dari sasaran 71.537 orang. 

"Sedangkan dosis kedua 82,86 persen atau 59.144 orang serta dosis ketiga atau penguat baru mencapai 21,09 persen atau sebanyak 15.088 orang," kata Farhan.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 80 ribuan jiwa.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022