Ratusan orang mengikuti latihan siaga bencana alam yang digelar Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Simeulue.

Pelatihan siaga bencana yang dipusatkan di Lapangan Desa Lugu, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, Selasa, melibatkan unsur TNI Polri, Basarnas, BPBD, Pelajar, serta berbagai pihak terkait lainnya.

"Ada 350 orang ikut latihan siaga bencana," kata Komandan Lanal (Danlanal) Simeulue Letkol Laut (P) Hendra Dwinanto.

Ia mengatakan pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi potensi bencana alam gempa bumi dan tsunami maupun bencana alam lainnya.

"Bencana bisa terjadi kapan saja, apalagi kita yang berada di kepulauan ini. Untuk itu sebagai langkah antisipasi latihan siaga bencana ini kita lakukan," kata Letkol Hendra Dwinanto.

Letkol Hendra Dwinanto mengatakan puncak pelaksanaan pelatihan dan penanggulangan bencana itu akan digelar simulasi gempa bumi dan tsunami di kawasan pantai Desa Ganting, Kecamatan Simeulue Timur, Rabu (18/5).

?Bupati Simeulue Erli Hasim mengatakan latihan penanggulangan siaga bencana itu akan dilaksanakan dua kali dalam satu tahun.

"Simeulue rawan bencana alam. Ke depan, latihan kebencanaan skala besar seperti ini akan kita lakukan dua kali dalam setahun," kata Erli Hasim.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022