Meulaboh (ANTARA Aceh) - Sekitar 3.000 massa dari wilayah barat selatan Aceh melaksanakan "duek pakat raya" (musyawarah besar) dalam rencana mewujudkan Provinsi Aceh Leuser Antara Barat Selatan (ALABAS) di lapangan Teuku Umar Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Minggu siang.

Kapolres Aceh Barat AKBP Teguh Priyambodo Nugroho mengatakan, 300 personil gabungan Polri-TNI, serta unsur Pemkab Aceh Barat  dikerahkan ke lokasi bersama kendaraan lengkap untuk pengamanan.

"Hasil rapat kemarin, massa akan ada 3.000 orang, acaranya akan dimulai sesudah sholat dhuhur karena masih menunggu peserta datang. Kalau yang dilaporkan ya segitu tapi sampai sekarang paling banter 50-an," sebutnya.

Kedatangan massa sebanyak itu ke "Bumi Teuku Umar" berasal dari delapan kabupaten/kota di wilayah barat selatan Aceh (Barsela) untuk "duek pakat raya" pendukung terwujudnya pemekaran Provinsi ALABAS.

Peserta yang sudah sampai ke Meulaboh sejak Minggu (7/2) pagi melakukan konvoi mengelilingi kota Meulaboh dengan membawa bendera ALABAS bewarna putih, pada bendera itu bergambarkan satu pulau bewarna orange bercampur hijau dan merah.

Pada bagian peta bendera Provinsi ALABAS nomor dua (2) bercorak orange bercampur hijau, kemudian ada garis pemisah dengan bagian gambar Provinsi Aceh nomor satu (1) yang digambarkan berwarna merah.

Kapolres AKBP Teguh P menyampaikan, konvoi peserta dengan kendaraan roda dua tersebut dikawal aparat kepolisian, akan tetapi untuk jumlah peserta konvoi dibatasi demi keselamatan penguna jalan lintas Meulaboh.

"Konvoi dikawal Sat Lantas, awalnya mereka minta rame-rame, tapi saya bilang nanti rawan di jalan makanya dibatasi.  Untuk acaranya sampai satu hari, mereka juga minta sampai malam tapi kita batasi juga, secara aturan jam enam (18.00 WIB) sudah harus selesai," sebutnya.

Massa pendukung Provinsi ALABAS ini berangkat dari berbagai daerah, mulai dari Aceh Singkil, Kota Subulussalam, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya (Abdya), Nagan Raya, Simeulue dan berkumpul di Aceh Barat.

Dalam acara duek pakat raya ini juga dijadwalkan turut hadir Anggota DPD, DPR-RI, DPRA dan DPRK, selain beberapa sudut kota Meulaboh terpasang baliho bertulis "Sukseskan Duek Pakat Pemuda, Mahasiswa dan Elemen Masyarakat Sipil Barat Selatan", dengan tema Mewujudkan Provinsi Aceh Leuser Antara Barat Selatan (ALABAS) 2016.

Pewarta: Pewarta : Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016