Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, hingga Kamis masih terus melakukan upaya pemadaman kebakaran lahan gambut di kawasan Desa Pulo Kruet, Kecamatan Darul Makmur, kabupaten setempat.

Sekretaris BPBD Nagan Raya, Provinsi Aceh, Said Nazaruddin, Kamis mengatakan upaya pemadaman kebakaran lahan gambut masih terus dilakukan, dengan harapan agar kobaran api tidak semakin meluas.

“Untuk saat ini, luas lahan yang terbakar masih mencapai tujuh hektare,” kata Said Nazaruddin.

Ia mengatakan, upaya pemadaman di lokasi kebakaran tidak hanya dilakukan oleh personel BPBD Nagan Raya.

Akan tetapi, pemadaman kebakaran lahan gambut tersebut juga melibatkan personel kepolisian, TNI, Polisi Hutan serta kalangan masyarakat di sekitar lokasi kejadian.

Meski terus memfokuskan pemadaman api, ia mengakui sejauh ini ketersediaan sumber air di sekitar lokasi kebakaran lahan masih menjadi kendala utama untuk dilakukan pemadaman.

“Kami terpaksa mengerahkan pompa air ke lokasi kebakaran, karena akses jalan menuju ke lokasi tidak bisa dilintasi armada pemadam kebakaran,” kata Said Nazaruddin menambahkan.

Pihaknya juga masih terus memfokuskan upaya pemadaman api, sehingga diharapkan kobaran api di lahan gambut tersebut tidak semakin meluas, tuturnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022