Kementerian Agama (Kemenag) Kota Lhokseumawe meminta para calon jamaah haji yang akan diberangkatkan ke tanah suci, Mekkah, dalam kloter keempat Embarkasi Banda Aceh menjaga fisik selama menjalani ibadah haji. 

"Calon haji asal Lhokseumawe yang diberangkatkan ke tanah suci tahun ini sebanyak 130 orang. Kami minta jamaah dapat kondisi fisik agar keseluruhan rangkaian ibadah haji dapat ditunaikan dengan baik," kata Kepala Kantor Kemenag Kota Lhokseumawe Zulkifli Idris di Lhokseumawe, Jumat. 

Zulkifli Idris mengatakan bahwa kuota haji yang diberitakan untuk wilayah Kota Lhokseumawe tahun 2022 mengalami penurunan hingga 50 persen akibat adanya pemangkasan kuota dari Pemerintah Arab Saudi.

"Alhamdulillah tahun ini kita sudah kembali memberangkatkan calon jamaah haji, setelah dua tahun terkendala pandemi COVID-19. Meskipun tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya yang mencapai 300 jamaah," katanya.

Zulkifli Idris menambahkan untuk jamaah haji Lhokseumawe berada pada kloter empat bergabung dengan jamaah haji dari Aceh Tamiang dan Aceh Utara. Nantinya para jamaah ini langsung diberangkatkan ke Madinah.

"Sebanyak 130 jemaah yang diberangkatkan tersebut yakni diantaranya 55 laki-laki dan 75 perempuan dari empat kecamatan di Kota Lhokseumawe," katanya.

Saat ini, kata Zulkifli Idris, terdata calon jamaah haji asal Lhokseumawe yang masuk dalam daftar tunggu mencapai 6.000 orang.

"Artinya dari total ribuan calon jamaah haji tersebut, membutuhkan waktu sekitar 15 tahun untuk menghabiskan kuota itu," katanya. 
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022