Kabupaten Aceh Jaya mengirimkan sebanyak 47 qari dan qariah yang akan bersaing dengan kabupaten/kota lainnya pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Aceh di Bener Meriah.

“Prestasi Kabupaten Aceh Jaya di tingkat MTQ Provinsi Aceh meningkat dari tahun ke tahun dan ini harus terus ditingkatkan,” kata Bupati Aceh Jaya T Irfan TB di sela-sela melepas Kafilah MTQ Aceh Jaya di Calang, Jumat.

Ia menjelaskan Kafilah kabupaten Aceh Jaya harus memberikan penampilan terbaiknya agar mampu menoreh prestasi pada MTQ tingkat Provinsi Aceh tahun ke-35, sehingga dapat memperbaiki peringkat Aceh Jaya dari tahun sebelumnya.

Ia menyebutkan di ajang MTQ tingkat Provinsi Aceh tahun 2015 masuk 16 besar, pada tahun 2017 masuk 11 besar dan 2019 masuk delapan besar.

" Tahun ini kita targetkan mampu lolos ke posisi 5 besar  bahkan kalau bisa tembus tiga besar pada MTQ tingkat Provinsi Aceh ke-35,” katanya.

Ia juga berpesan kepada seluruh peserta, pelatih dan pendamping untuk menjaga nama baik daerah (Aceh Jaya) dan memperkuat tali silaturahmi dengan Kabupaten lain yang menjadi peserta dalam ajang MTQ tahun ini.

"Kita berharap pendamping kafilah Aceh Jaya benar-benar serius mendampingi qari dan Qariah dalam menjaga pola makan, kesehatan dan tidak begadang pada malam hari. Jangan ada kesombongan dengan peserta dari kabupaten lainnya, jaga sopan santun dan etika,"Katanya.

Bupati juga mengatakan bahwa, Pemkab Aceh Jaya akan mempersiapkan sejumlah bonus bagi qari dan qariah yang berhasil membawa pulang juara, baik juara pertama, kedua dan ketiga.

"Kami akan memberikan bonus sebesar Rp25 juta kepada peraih juara pertama, juara II  Rp20 juta  dan juara III sebesar Rp15 juta,"katanya.

Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Jaya, Zulkifli mengatakan pada MTQ di Bener Meriah pihaknya mengirimkan sebanyak 78 orang termasuk dengan pendamping dan pelatih.

Adapun cabang perlombaan yang diikuti  adalah Cabang Qiraat Sab'ah Murattal 8 peserta, Tahfidz Alquran 8 Peserta, Khatt 8 peserta , Cabang Tilawah 6 peserta , Fahmil Alqur'an 6 peserta , Syarhil Alquran 6 peserta, Cabang Tartil 2 peserta dan KTIQ diikuti 2 peserta.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022