Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Wakil Ketua Komisi IV DPR H E Herman Khaeron meminta Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian terus mengembangankan varietas unggul yang mampu beradaptasi dengan lingkungan.

"Artinya, varietas yang dihasilkan harus benar-banar mampu beradaptasi dengan lingkungan dan tahan terhadap berbagai kondisi sehingga akan mampu meningkatkan produksi," katanya di Aceh Jaya, Senin.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela kunjungan kerja ke Kabupaten Aceh Jaya untuk melihat langsung panen produksi padi varietas situ patenggang di kawasan Gampong Padang Lageuen, Kecamatan Setia Bakti.

Ia menjelaskan varietas baru yang digulirkan menjadi salah satu penentu untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian di setiap kawasan dalam mendukung kemendirian dan ketahanan pangan nasional.

"Artinya, varietas yang dihasilkan harus benar-benar mampu beradaptasi dengan lingkungan dan sesuai dengan kareakteristik daerah sehingga upaya meningkatkan produktivitas dan menyejahterakan petani dapat terwujud," katanya.

Pihaknya akan terus mendukung program yang dilakukan oleh Balitbang dalam meningkatkan varietas baru yang tahan terhadap berbgai kondisi sehingga capain produksi akan tercapai di masa mendatang.

bjk7  Kepala Balitbang Pertanian Muhammad Syakir mengatakan pihaknya terus berupaya mengembagkan varietas baru yang mampu beradaptasi dan memiliki karakteristik dengan setiap kawasan.

"Kami terus meningkatkan inovasi terhadap berbagai varietas unggul yang bermanfaat dan dapat menyejahterakan masyarakat," katanya.

Ia menambahkan pihaknya juga bekerja sama dengan semua pihak guna menghasilkan berbagai invoasi dan peningkatan produktivitas nasional serta menyejahterakan masyarakat.

"Demi menyejahterakan masyarakat kami juaga akan melakukan spesifik lokasi dalam mengeluarkan berbagai inovasi di masa mendatang," katanya.

Dalam kunjungan tersebut, Wakil Ketua Komisi IV DPR tersebut juga didampingi Wakil Bupati Aceh Jaya, Tgk Maulidi dan Kepala BPTP Provinsi Aceh Basri A Bakar.

Pewarta: Pewarta : Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016