Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Prof Marwan meminta Kamar dagang dan industry (Kadin) Provinsi Aceh yang terpilih nantinya dapat mengambil peran meningkatkan investasi di sektor industri pengolahan hasil pertanian dan potensi ekonomi lainnya di provinsi setempat.

“Aceh memerlukan percepatan pertumbuhan ekonomi untuk mengejar ketertinggalan, di mana pengurus Kadin Provinsi Aceh yang terpilih nantinya harus dapat mengambil peran strategis,” katanya di Banda Aceh, Senin.

Pernyataan itu disampaikannya terkait akan berlangsungnya pemilihan Ketua Kadin Provinsi Aceh di Banda Aceh, di mana dalam bursa pemilihan tersebut ada tiga kandidat yang akan bersaing yakni M Iqbal, Ismail Rasyid dan Rizky Syahputra. 

Ia menjelaskan Kadin juga dapat berperan meningkatkan investasi industri pengolahan bahan alam, serta membuka akses pasar langsung ke luar negeri untuk produk yang dihasilkan dari Tanah Rencong tersebut.

Marwan juga mengatakan lembaga yang menaungi para pengusaha tersebut juga harus berperan dalam stabilisasi harga produk pertanian dan perikanan Aceh yang menyangkut pendapatan sebagian besar masyarakat kecil di Aceh.

Ia menyakini peran serta Kadin dalam memaksimalkan potensi yang ada di seluruh pelosok Aceh akan mampu mengejar ketertinggalan ekonomi di provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu.

Menurut dia keterlibatan sektor swasta sangat penting terhadap kemajuan sebuah kawasan, sebab jika mengandalkan anggaran pemerintah sangat terbatas dan menggerakkkan semua sektor.

“Pertumbuhan ekonomi yang sehat harus dari sektor ril produksi yang berbasis pada peningkatan nilai tambah, di mana peran investasi swasta sangat penting dalam membangun dan kemajuan daerah,” demikian Rektor.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022