Meulaboh (ANTARA Aceh)- Sebanyak 247 calon petugas Sensus Ekonomi (SE) dan pegawai Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh mengikuti apel siaga sebagai motivasi kepada putugas dan sosialisasi.

Kepala Kantor BPS Aceh Barat Dara Dian, di Meulaboh, Jum'at mengatakan, kegiatan tersebut menjadi momentum penting untuk membangun semangat seluruh jajaran BPS serta memberikan motivasi kepada petugas SE 2016.

"Kita melakukan ini untuk membangun semangat dan motivasi yang besar kepada seluruh petugas SE 2016, bahwa mulai saat ini BPS dan petugas harus berjalan dalam satu irama, satu pikiran dan satu tujuan menyukseskannya,"sebutnya.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam pidatonya pada acara apel siaga Sensus Ekonomi 2016 BPS Aceh Barat yang digelar pada Lapangan Teuku Umar Meulaboh yang diikuti seluruh calon petugas sensus dan pegawai BPS setempat.

Dara Dian menyampaikan, SE 2016 merupakan amanat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik yang dilaksanakan sesuai kalender nasional untuk menghasilkan data sangat penting dan bermanfaat untuk semua pihak.

Calon petugas SE 2016 pada BPS Aceh Barat sebanyak 247 orang tersebar di 12 kecamatan telah dilatih di Hotel Tiara selama tiga hari efektif, tujuan pelatihan tersebut juga untuk memberikan pemahaman seluruh calon petugas tentang monsep definisi dan metodelogi mekanisme pendataan SE 2016.

"Data yang dihasilkan dari sensus ekonomi ini sangat penting dan bermanfaat, bukan hanya bagi pemerintah atau pelaku usaha, tapi juga kepada seluruh lapisan masyarakat,"jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, petugas lapangan SE 2016 adalah para petugas yang dapat menghayati nilai-nilai inti dari tujuan BPS dengan bekerjasama secara profesional, berintegritas dan amanah serta bertangung jawab dalam menghasilkan data berkualitas.

Sebagai pimpinan BPS Aceh Barat, Dara Dian mengaharapkan kualitas para petugas harus benar-benar terjamin karena merekalah yang akan langsung berhadapan dengan koresponden mengumpulkan data.

"Kita mengharapkan petugas yang turun langsung ini mampu bekerja profesional untuk mengumpulkan data. Kualitas petugas sensus sangat menentukan kualitas data yang dihasilkan,"katanya menambahkan.

Setelah melaksanakan apel siaga SE 2016, seluruh peserta melakukan kegiatan jalan santai sambil membagikan barang publisitas SE 2016 berupa poster, leaflet dan gantungan kunci kepada pelaku usaha ekonomi.

Sasaran pemberian barang sosialisasi tersebut seperti kepada pedagang kios, toko, pedagang kelontong, pedagang kaki lima dan para pelaku usaha ekonomi lainnya di seputar Meulaboh.

Pewarta: Pewarta : Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016