Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim-LH) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengimbau masyarakat tidak membuang sampah sembarangan.

"Ayo saling peduli dengan tidak membuang sampah sembarangan. Ini juga demi kenyamanan dan ketentraman hidup kita bersama," kata Kepala Dinas Perkim-LH Abdya, Rahwadi di Blangpidie Selasa.

Ia menjelaskan masyarakat jangan lagi membuang sampah seperti di jembatan, pinggir sungai, sebab di setiap desa sudah disediakan tong sampah yang nantinya akan diambil oleh petugas.

Ia menyebutkan produksi sampah di Kabupaten Abdya rata-rata dikisaran 25 ton per hari.

Ia mengatakan sumber sampah di Abdya terbanyak diproduksi oleh pasar dan perumahan warga. 

"Semua sampah yang ada di pasar dan di perumahan masyarakat dipungut setiap hari oleh petugas dengan menggunakan lima unit mobil damtruk, empat unit becak mesin dan dua unit mobil pick up," katanya.

Rahwadi mengatakan dengan jumlah produksi sampah yang banyak, membuat petugas kebersihan kewalahan lantaran armada pengangkut sampah tersedia saat ini masih minim dan sampah di pasar dan perumahan lumayan banyak. 

Pihak Dinas Perkim-LH akan berupaya menambah bak kontainer sampah yang akan diletakkan di lokasi Tempat Pembuangan Terakhir (TPA) bisa dikumpulkan sementara untuk kemudian diangkut ke TPA.

Ia menambahkan selama ini tidak adanya PAD yang dihasilkan dari sampah, .padahal sampah dapat menghasilkan PAD untuk daerah. 

“Dalam waktu dekat kita akan memanggil pihak ketiga yang memilah sampah di TPA. Ini akan kita benah segera harus ada kontribusi dari sampah,” katanya.

Pewarta: Suprian

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022