Syariful Alam (49) menjadi satu-satunya datuk penghulu (kepala desa) di Kabupaten Aceh Tamiang yang menerima piagam penghargaan sebagai mitra kerja Polri di HUT ke-76 Bhayangkara.

Kapolres Aceh Tamiang AKBP Imam Asfali di Aceh Tamiang, Rabu, mengatakan ada tiga orang masyarakat sipil sebagai tokoh di Aceh Tamiang yang diberi penghargaan atas partisipasinya telah banyak membantu tugas kepolisian, pemerintah daerah dan masyarakat pada umumnya.

Ketiga tokoh masyarakat tersebut berasal dari kalangan kepala sekolah, datok penghulu dan atlet. Penghargaan ini dinilai dari sebuah kesuksesan kepemimpinan, pengabdian dan partisipasi positif.

Baca juga: HUT Bhayangkara, Wali kota Sabang harap polisi terus jadi pelindung rakyat

“Penghargaan sengaja kami berikan di puncak acara peringatan HUT Bhayangkara pada 5 Juli 2022. Penghargaan ini adalah sebagai wujud nyata apresiasi dari Polri kepada para tokoh yang kami anggap telah banyak membantu tugas kami kepada Negara,” kata Imam Asfali.

Kapolres mengaku sangat terkesan dengan kiprah tiga tokoh sipil tersebut, salah satunya datok penghulu Desa Kesehatan, Kecamatan Baru, Syariful Alam. 

Seorang pemimpin tingkat kampung yang juga mantan jurnalis ini diketahui telah banyak berbuat untuk daerah dan kepada masyarakatnya.

Baca juga: Kapolda Aceh sebut HUT Bhayangkara hari bersejarah bagi Polri

“Di antaranya yang pernah dilakukan adalah penanggulangan wabah COVID-19 sekaligus percepatan vaksinasi dan penanganan bencana alam yaitu banjir dengan siap sedia menampung ratusan pengungsi dan banyak lagi lainnya,” imbuh Kapolres.

“Melalui penghargaan inilah yang bisa kami berikan untuk menghargai pengabdian para tokoh, semoga kemitraan antara polisi dan masyarakat akan terus terjalin dengan baik,” sambungnya.

Baca juga: Pemkab Aceh Barat harapkan HUT Bhayangkara momentum pemulihan ekonomi

Secara terpisah datok penghulu Desa Kesehatan Syariful secara pribadi berterimakasih kepada Kapolres Aceh Tamiang atas sebuah penghargaan yang diberikan di momen istimewa Dirgahayu Bhayangkara ke-76.

“Sebagai warga sipil yang dianggap telah berpartisipasi terhadap kegiatan Polres Aceh Tamiang tentunya saya bangga bisa membantu tugas polisi. Insya Allah saya selaku datok akan selalu siap menjadi mitra mendukung segala kegiatan kemasyarakatan yang dilakukan Polres Aceh Tamiang ke depan,” ujar Syariful.

 

Pewarta: Dede Harison

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022