Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Banda Aceh mencatat dari total 34.880 pelajar tingkat dasar (SD) dan menengah pertama (SMP) di kota setempat sebanyak 28.527 diantaranya telah menerima vaksin COVID-19.

"Secara keseluruhan siswa-siswi SD dan SMP di Banda Aceh yang sudah ikut vaksinasi sudah mencapai 28.527 orang dari total ," kata Kepala Disdikbud Banda Aceh Sulaiman Bakri, di Banda Aceh, Senin.

Sulaiman menyebutkan, jumlah pelajar SD dari 91 sekolah di Banda Aceh saat ini mencapai 23.874, sedangkan siswa-siswi SMP sebanyak 11.006 orang dari 34 sekolah.

Dirinya merincikan, untuk pelajar tingkat dasar itu yang telah divaksin sebanyak 20.353 orang dosis pertama atau sekitar 85,25 persen. Sementara pelajar SMP yang sudah ikut vaksinasi
8.174 atau 74,27 persen.

"Sejauh ini masih ada 6.353 pelajar di Banda Aceh yang belum vaksin, yakni siswa-siswi SD 3.521 orang dan SMP 2.832 orang," ujarnya.

Disdikbud Banda Aceh hanya mengawal pelaksanaan vaksinasi untuk pelajar tingkat dasar dan menengah pertama saja, hal itu karena pelajar SMA berada di bawah kewenangan Dinas Pendidikan Provinsi Aceh.

Sulaiman menyampaikan, data vaksinasi pelajar tersebut terhitung hingga akhir sekolah sebelum libur semester bulan lalu, atau belum masuk rekapan baru selama libur tersebut.

Sulaiman menambahkan, dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 terhadap pelajar tersebut, saat ini mereka masih terkendala banyaknya masyarakat yang enggan mengikuti karena menganggap sudah zona aman.

"Kendalanya karena menganggap kita sudah zona hijau dan level 1, masyarakat menganggap tidak perlu lagi vaksin. Meski demikian prosesnya masih terus kita lakukan," demikian Sulaiman.

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022