Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Tengah memberikan pelayanan ekstra kepada warga sakit menahun dengan langsung mendatangi rumahnya untuk perekaman KTP.

"Alhamdulillah kami sangat terbantu dengan pelayanan dari petugas Disdukcpail Aceh Tengah dan sekarang ibu kami sudah punya KTP Elektronik ," kata Muslim anak kandung Jenan, Rabu.

Dia menuturkan kondisi ibunya akhir-akhir ini semakin memburuk dan harus segara dirawat di rumah sakit.

Namun karena sang ibu belum memiliki KTP elektronik untuk persyaratan rawat di rumah sakit, pihak keluarga akhirnya menghubungi Dukcapil Aceh Tengah untuk meminta layanan jemput bola perekaman KTP langsung di rumah.

Kepala Disdukcapil Aceh Tengah Mustafa Kamal mengatakan pihaknya memang selalu siap sedia untuk memberikan layanan jemput bola kepada warga yang membutuhkan seperti korban bencana alam, sakit menahun, disabilitas, dan ODGJ.

"Kita selalu siap dan sudah berkomitmen melalui inovasi Pil Dahaga (Dukcapil Datangi Rumah Warga) untuk melayani kebutuhan warga yang tidak mampu menjangkau pusat layanan dengan upaya jemput bola," kata Mustafa Kamal.

Menurutnya pelayanan responsif dengan jemput bola seperti yang dilakukan oleh Disdukcapil merupakan bagian dari penegasan Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar untuk menciptakan semangat pelayanan prima yang dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat.

Mustafa Kamal juga mengimbau agar masyarakat tetap melengkapi dan memperbaharui dokumen administrasi kependudukan secara mandiri dan tidak hanya melakukan pengurusan dokumen saat ada keperluan mendesak.
 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022