Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menjalin kerjasama dengan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Aceh, sebagai upaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia sekaligus meningkatkan kapasitas penguasaan bahasa asing bagi mahasiswa dan mahasiswi.

“Perjanjian kerja sama ini berisi tentang komitmen mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan peningkatan kemampuan bahasa asing bagi mahasiswa Poltekkes Kementerian Kesehatan Aceh prodi Keperawatan dan Kebidanan di Kampus Meulaboh, Aceh Barat,” kata Bupati Aceh Barat H Ramli MS di Meulaboh, Rabu.

Ramli MS mengatakan, pemerintah daerah menyambut baik kerja sama ini sebagai bentuk komitmen bersama dalam mewujudkan dan meningkatkan kualitas sumber daya kesehatan khususnya bagi perawat dan bidan.

Ia mengatakan, pemerintah daerah sangat fokus terhadap kualitas kesehatan di Kabupaten Aceh Barat. 

Selain melengkapi sarana prasarana dan fasilitas kesehatan, pemerintah daerah juga terus mendorong agar kualitas tenaga kesehatan di Aceh Barat juga ikut meningkat, sehingga fasilitas kesehatan yang tersedia juga didukung dengan kapasitas tenaga kesehatan yang kompeten.

"Kami sangat serius dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di Aceh Barat. Kemarin sudah kita resmikan beberapa fasilitas kesehatan baru di RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh. Kemudian, untuk meningkatkan kapasitas SDM kesehatan, kita juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa Universitas di Aceh maupun luar Aceh,” kata Ramli MS menambahkan.

Melalui kerjasama ini, ia berharap nantinya dapat melahirkan tenaga kesehatan terampil, yang mempunyai daya saing serta mampu mengaplikasikan ilmunya untuk kemaslahatan masyarakat khususnya di bidang kesehatan.

"Semoga apa yang kita lakukan saat ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang," kata Ramli MS.

Sementara itu, Direktur Politeknik Kesehatan Kemenkes Aceh, Teuku Iskandar Faisal mengatakan pihaknya berkomitmen untuk memberikan kontribusi dalam mencerdaskan dan melahirkan SDM yang berkualitas serta kompeten dalam bidang kesehatan khususnya bagi Kabupaten Aceh Barat.

Dengan adanya jalinan kerja sama ini, ia berharap tenaga kesehatan Aceh Barat nanti tidak hanya mampu bersaing di tingkat lokal saja, namun juga mampu untuk bersaing dalam menghadapi era persaingan global yang semakin ketat saat ini, tuturnya.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022