Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)RI menyatakan menggandeng Astra dalam memberikan pendampingan kepada 50 besar desa wisata yang terpilih dalam ADWI 2022. 

“Kolaborasi dengan Astra karena mempunyai visi yang sama. Astra menjadi salah satu perusahaan terbesar di Indonesia yang sangat peduli terhadap pengembangan desa, terutama cukup peduli dengan kampung berseri Astra," katanya Menparekraf RI, Sandiaga Uno, saat visitasi ke Gampong Ulee Lheu, Banda Aceh, Kamis.

Dalam kolaborasi bersama Kemenparekraf, Astra akan memberikan pelatihan, pendampingan, sarana prasarana, bantuan dana, dan pembekalan kepada desa wisata. 

"Kolaborasi ini dapat menciptakan keberlanjutan dalam memberikan pelatihan pendampingan khususnya terkait pemasaran," katanya.

Desa wisata ini diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan seluas-luasnya sehingga dapat mengejar target 1,1 juta lapangan pekerjaan baru di tahun 2022 dan 4,4 juta di tahun 2024. 

Mitra strategis Astra Koordinator wilayah Aceh, Munardi mengatakan komitmennya dalam membangun pembangunan yang berkelanjutan.

"Astra berkomitmen akan mendukung dan berkontribusi dalam kelanjutan sosial yang didukung oleh empat pilar, kesehatan, pendidikan, dan kewirausahaan," katanya. 

Saat ini, kata dia, Astra telah membentuk 130 kampung berseri binaan dan 930 desa sejahtera astra yang tersebar di seluruh Provinsi yang ada di Indonesia.

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022