Subulussalam (ANTARA Aceh) - Kualitas pendidikan di Kota Subulussalam terus menggeliat menuju ke arah yang lebih baik menyusul prestasi yang baru saja diraih yakni peringkat dua kelulusan ujian nasional tingkat SMA sederajat se Provinsi Aceh tahun ajaran 2016.

Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kota Subulussalam Irwan Yasin di Subulussalam, Selasa menyatakan, siswa SMA di daerah itu mampu lulus dengan nilai terbaik dan memuaskan sehingga angka kelulusan mencapai 100 persen dan mendapat peringkat dua setelah Aceh Tengah yang meraih peringkat pertama.

Menurutnya peringkat dua dari 23 kabupaten dan kota se-Provinsi Aceh patut dibanggakan masyarakat Subulussalam,  karena kondisi ini menunjukkan mutu dan kualitas pendidikan di "Bumi Sada Kata" ini semakin baik dibandingkan sebelumnya.

"Capaian ini tidak terlepas dari peran dan pembinaan yang diberikan guru kepada siswa, yang melakukan berbagai persiapan menjelang UN," ungkapnya.

Irwan Yasin mengatakan keberhasilan ini juga berkat kerjasama yang baik mulai dari kepala sekolah dan seluruh dewan guru yang terus berkoordinasi dan mematangkan persiapan siswa ketika menyambut pelaksanaan UN 2016.

"Ini karena persiapan awal sudah sangat matang sehingga hasilnya pun memuaskan, semoga tahun depan bisa peringkat pertama," harapnya.

Ia menyebutkan pelaksanaan UN di Kota Subulussalam umumnya masih secara manual atau ujian tulis biasa, sementara UNBK baru bisa diterapkan di SMKN Simpang Kiri. Kelulusan UN tahun ini ditentukan oleh sekolah masing-masing dengan melihat hasil nilai yang didapat oleh siswa dan siswi tersebut selama mengikuti ujian.

Ia menambahkan daya saing pelajar di Kota Subulussalam untuk menjadi yang terbaik di kelas sangat tinggi. Hal ini disebabkan kondisi masyarakat di Bumi Sada Kata yang majemuk karena diisi dari berbagai latar belakang suku.

"Dalam bulan ini kita juga mengirimkan salah seorang siswa SDN Kampung Badar untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) mewakili Aceh," kata Irwan menambahkan.

Pewarta: Pewarta : Sudirman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016