Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno menyatakan pihaknya sangat mendukung perkembangan wisata di Aceh Jaya dan Barat Selatan (Barsela) Aceh dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah setempat.

“Kita terus berupaya menghadirkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan di seluruh kawasan termasuk di kawasan Barat Selatan Aceh,” katanya secara daring dalam Lokakarya Memperkuat Kemitraan untuk Pertumbuhan Ekonomi Hijau di Kabupaten Aceh Jaya Kawasan Barsela Aceh di Aula Bank Indonesia Perwakilan Aceh, Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan untuk menghadirkan sektor pariwisata berkelanjutan maka perlu membangun kemitraan yakni pemerintah dengan semua pihak sehingga akan mewujudkan sektor pariwisata yang berkualitas dan maju.

Menurut dia dalam pengembangan sektor pariwisata pihaknya juga melakukan pendekatan dengan tiga hal yakni inovasi, adaptasi dan kolaborasi yang nantinya akan berujung pada terbukanya lapangan kerja baru dari sektor tersebut.

“Saya berharap tahun depan ada perwakilan Aceh Jaya atau Barat Selatan (Barsela) Aceh yang akan mendapat predikat Desa wisata berkelanjutan,” katanya.

Ia mengatakan untuk tahun ini terpilih lima kandidat Desa wisata berkelanjutan di Indonesia dan salah satunya ada perwakilan dari Provinsi Aceh yakni di Desa Ketambe

Pj Bupati Aceh Jaya, Nurdin mengatakan Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya bertekad akan mewujudkan harapan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Parekraf RI) agar tahun berikutnya ada perwakilan dari Aceh Jaya untuk mendapatkan predikat Desa berkelanjutan berbasis wisata.

Menurutnya untuk mewujudkan tersebut diperlukan kerja sama semua pihak guna mewujudkan gampong yang ada di kabupaten tersebut menjadi salah satu duta dari Aceh untu mewakili dalam ajang anugerah desa wisata.

Nurdin juga menambahkan pihaknya juga akan membenahi destinasi wisata yang ada dan memaksimalkannya secara bertahap serta meningkatkan masyarakat sadar wisata.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022