Pemerintah Kota Sabang berupaya untuk membuka rute penerbangan ke pulau paling barat Indonesia itu melalui Bandara Internasional Maimun Saleh, guna mendukung pengembangan sektor pariwisata.

"Bersama penyelenggara unit Bandara dan Lanud Maimun Saleh, Pemkot Sabang terus berkoordinasi terkait langkah kemungkinan dibukanya kembali penerbangan perintis di Kota Sabang," kata Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, Selasa.

Hal tersebut disampaikan Reza saat meninjau Bandara Internasional Maimun Saleh Sabang. Rute penerbangan perintis itu dinilai penting sebagai upaya untuk meningkatkan aksesibilitas transportasi yang akan mendukung sektor pariwisata Pulau Weh.

Ia menilai, dalam upaya pembukaan rute penerbangan perintis, tentu akan banyak tahapan koordinasi dan tindak lanjut yang harus dilakukan, baik di tingkat pemerintah pusat maupun seluruh unsur terkait.

"Mudah-mudahan tantangan dan hambatan yang terjadi selama ini dapat kita carikan solusi bersama. Tentunya kami sangat optimis dan terus mengupayakan agar kembali terwujudnya penerbangan di Kota Sabang ini," katanya, berharap.

Hal senada, Kepala Bandara Maimun Saleh Yan Budianto mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat, sekaligus akan intensif memberikan perkembangan terbaru terhadap langkah percepatan pembukaan penerbangan perintis ke Sabang.

Sedangkan Komandan Lanud Maimun Saleh Letkol Pnb Fahrur Rozi, juga turut menyambut baik rencana pembukaan kembali rute penerbangan ke Kota Sabang.

"Karena ini akan sangat baik bagi perkembangan pariwisata sekaligus menjadi nilai tambah bagi masyarakat Sabang dari segi ekonomi," katanya.
 

Pewarta: Arwella Zulhijjah Sari

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022