Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Aceh Timur memperpanjang pendaftaran calon panitia pengawas pemilu (panwaslu) untuk empat kecamatan di kabupaten tersebut.

Ketua Bawaslu Kabupaten Aceh Timur Maimun di Aceh Timur, Senin, mengatakan, pendaftaran untuk empat kecamatan tersebut diperpanjang karena kuota perempuan sebanyak 30 persen belum terpenuhi.

"Saat pendaftaran awal pada 21 hingga 27 September 2022, di empat kecamatan itu tidak terpenuhinya kuota perempuan sebanyak 30 persen dari seluruh jumlah pendaftar. Karena itu, masa pendaftaran diperpanjang,"kata Maimun.

Maimun mengatakan perpanjangan pendaftaran di empat kecamatan tersebut yakni Kecamatan Indra Makmur, Kecamatan Madat, Kecamatan Peunaron, dan Kecamatan Serba Jadi.

"Perpanjangan pendaftaran hingga 8 Oktober 2022. Setelah itu, tidak ada perpanjangan pendaftaran. Proses selesai selanjutnya memasuki tahap pemeriksaan administrasi. Seleksi administrasi diumumkan 12 Oktober 2022," kata Maimun.

Sementara itu, secara keseluruhan pendaftar calon pengawas pemilu tingkat kecamatan di Kabupaten Aceh Timur sebanyak 741 orang, terdiri 454 laki-laki dan 287 perempuan.

"Total pendaftar yang mendaftar dan mengembalikan berkas pendaftaran sebanyak 741 orang. Terdiri 454 laki-laki dan 287 perempuan," kata Maimun menyebutkan.

Maimun mengatakan ratusan orang yang mendaftar tersebut memperebutkan kuota 72 pengawas yang tersebar di 24 kecamatan di Kabupaten Aceh Timur. Setiap kecamatan akan ditempatkan tiga pengawas pemilu.

"Apabila ada kecamatan yang tidak mencukupi keterwakilan perempuan 30 persen, maka pendaftaran dibuka khusus untuk kecamatan tersebut. Pendaftaran juga dikhususkan kepada pendaftar perempuan," kata Maimun.

Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung pada 14 Februari 2024. Pemilu tersebut digelar serentak antara pemilihan anggota legislatif di semua tingkatan dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029.

Pada tahun yang sama setelah pemilu legislatif serta pemilihan presiden dan wakil presiden, juga digelar pemilihan kepala daerah (pilkada) secara serentak di seluruh Indonesia. Pilkada dijadwalkan digelar 27 November 2024.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022