Pemerintah Kota Sabang menyatakan telah berkoordinasi dengan maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia dan PT Citilink Indonesia terkait upaya membuka kembali rute penerbangan langsung ke Kota Sabang melalui Bandar Udara Lanud Maimun Saleh.

"Sebagai langkah reaktivasi penerbangan di Kota Sabang, kami akan terus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait agar penerbangan ke Sabang dapat kembali dibuka," kata Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi di Kantor UPBU Maimun Saleh, Selasa.

Reza menjelaskan dengan tersedia aksesibilitas transportasi udara akan mampu memperlancar konektivitas wilayah kepulauan maupun daerah terpencil dengan mudah, sehingga kegiatan perekonomian dapat berkembang dan kesenjangan antar wilayah dapat berkurang.

"Sebagai langkah awal kita akan menyasar segmen menengah ke atas dengan adanya direct fly agar wisata Sabang semakin maju," katanya.

Sedangkan untuk perencanaan jangka panjang, Pemerintah kota akan membuat paket-paket wisata yang terintegrasi agar memudahkan wisatawan ke Sabang.

Rencana pembukaan kembali rute penerbangan ke Sabang itu ditanggapi positif oleh pihak PT Garuda Indonesia dan PT Citilink Indonesia. 

Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni kelengkapan dokumen, meninjau ulang sarana dan prasarana, serta menentukan rute dan jadwal penerbangan yang harus direncanakan dengan baik.

Dalam pembahasan kegiatan tersebut, direncanakan Bandar Udara Maimun Saleh Sabang akan diaktifkan kembali dengan rute penerbangan Medan-Sabang.

Pewarta: Arwella Zulhijjah Sari

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022