Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto bersama istri bersama masyarakat membersihkan kawasan Pantai Lampuuk.

Kegiatan yang berlangsung satu jam tersebut  dimotori jajaran Forkopimda dan Forkopimda Plus Kabupaten Aceh Besar di Lampuuk, Lhoknga, Sabtu.

“Kegiatan bersama ini untuk mendongkrak perekonomian masyarakat seputar wilayah kepariwisataan dengan kondisi lingkungan yang bersih dan nyaman,” kata Pj Bupati  Aceh Besar, Muhammad Iswanto di Lhoknga, Sabtu.

Ia menjelaskan kegiatan tersebut juga merupakan aksi nyata pihaknya bersama seluruh masyarakat. 

“Semua kita berharap kawasan wisata di Aceh Besar bisa selalu bersih dan terjaga yang tentunya berdampak pada pertumbuhan ekonomi," kata Iswanto.

Aksi bersih 'satu jam saja' akan terus digelindingkan di seluruh kawasan wisata Aceh Besar dan akan diawasi langsung oleh Forkopimda serta OPD yang ditunjuk secara bergilir. 

"Intinya aksi satu jam saja ini akan terus berlanjut, sebagai upaya menghidupkan sektor pariwisata yang apik dan bersih hingga makin menggeliatkan ekonomi warga Aceh Besar," kata Iswanto.

Dalam kegiatan itu, terlihat masyarakat juga sangat aktif ikut serta membersihkan kawasan wisata tersebut.

"Kita tidak punya kekuatan anggaran, namun ini menjadi langkah awal simbol peluncuran kegiatan kita. Semoga saja ke depan pembangunan kepariwisataan bisa kita lakukan di seluruh kawasan Aceh Besar," kata Iswanto.

Iswanto meyakini aksi nyata tersebut tidak sebatas kegiatan seremonial, dengan keseriusan masyarakat yang terlibat, aksi tersebut akan menjadi hal rutin yang dilakukan bahkan ketika nanti akan terlaksana sendiri tanpa keterlibatan unsur Pemerintahan Kabupaten Aceh Besar. 

"Hari ini ratusan masyarakat di bawah komando pak keuchik terlibat aktif. Ini kita rencanakan rutin satu jam setiap pekan, dan tentu setelah hari ini mereka akan selalu menjadi orang yang ada di garda terdepan menjaga kebersihan kawasan ini," kata Iswanto. 

Iswanto juga mengajak pelaku usaha untuk mengingatkan pengunjung agar membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. 

Pihaknya juga memasang beberapa papan pengumuman berisi pesan menjaga kebersihan, pelarangan mandi saat kondisi hujan, angin kencang dan mendung, dan dilarang beraktivitas saat memasuki jadwal azan/salat. 

Iswanto juga menghampiri para pengunjung untuk menjelaskan program membersihkan sampah satu jam per satu pekan kepada mereka. 

Dalam kegiatan tersebut ikut terlibat personel TNI dan Polri, unsur Kodim 0101 KBA, Polres Aceh Besar, Batalyon 112 Raider, serta Polsek dan Koramil Lhoknga juga terlibat. 

Kemudian Pegawai kejaksaan Negeri Aceh Besar dan seratusan pegawai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintahan Kabupaten Aceh Besar juga ikut terlibat dalam kegiatan tersebut.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022