Banda Aceh (ANTARA Aceh) - PT Perkebunan Lembah Bhakti (PLB), anak perusahaan PT Astra Angro Lestari Tbk, membangun pabrik kelapa sawit (PKS) di Kecamatan Singkohor, Kabupaten Aceh Singkil, untuk menyerap produksi petani.

Humas PT Astra Agro Lestari Tbk, Arif Winarno pada acara buka puasa dengan wartawan di Banda Aceh, Jumat menyatakan, keberadaan pabrik dengan kapasitas 45 ton per jam itu diharapkan dapat menjawab kesulitan para petani dalam mengirimkan hasil produksinya dan mengurangi biaya transportasi.

"Dengan adanya pabrik baru ini diharapkan pendapatan petani kelapa sawit di Aceh Singkil bisa meningkat, kata Arif yang didampingi  Administratur PT PLB Slamet Riyadi.

Dikatakan, perusahaan ini juga menjalankan CSR, salah satunya dengan mengupayakan membantu peningkatan pendapatan melalui budidaya buah naga.

Menyinggung produksi, Arif menyatakan, secara umum produksi minyak kelapa sawit di Indonesia pada April 2016 mengalami stagnasi. Beberapa daerah rata-rata mengalami penurunan, terutama  di Pulau Sumatera.

Produksi minyak sawit yang mengalami kenaikan tipis hanya di Pulau Kalaimantan, kecualai Kalimantan Tengah.

Volumen produksi minyak sawit Indonesia pada bulan April 2016 mencapai 2,34 juta ton atau naik 1 persen dengan produksi bulan lalu sebesar 2,32 juta ton, katanya.

Dikatakan, penurunan produksi minyak kelapa sawit juga terjadi pada perusahaan perkebunan di Aceh,  PT PLB di Aceh Singkil dan PT Karya Tanah Subur (KTS) di Kabupaten Aceh Barat.

Produksi TBS kelapa sawit di PT KTS  sebagai akibat musim kemarau tahun lalu, kata Arif yang didampingi Administratur PT KTS Prihadi.

Ia menyatakan, penurunan produksi dan harga minyak kelapa sawit tidak menyurutkan perusahan dalam menjalankan aktivitas operasionalnya, termasuk kegiatan CSR.

"Kami melakukan pembinaan Posyandu di 14 desa di ring satu. Dari jumlah itu ada 3 yang menjadi Posyandu mandiri," katanya.

Pewarta: Khairuman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016