Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya menyatakan membenahi secara komprehensif pasar yang terbengkalai di daerah itu guna menghidupkan kembali kawasan ekonomi di daerah itu lewat pendekatan hulu dan hilir.

“Di hulu kita akan memacu produksi dan di hilirnya kita memperkuat jejaring pemasaran, termasuk membangun pasar bersifat tematik di Aceh,” kata Pj Bupati Aceh Jaya, Nurdin di Calang, Minggu.

Ia menjelaskan hasil kunjungan ke lapangan, dirinya menemukan sejumlah pasar yang belum di fungsikan namun ada yang memegang kunci setiap blok pasar tersebut.

“Bagi pedagang yang sudah memegang kunci baik di pasar Teunom di Padang Kleng maupun pasar Tanoh Manyang, namun tidak memanfaatkannya, maka dapat mengembalikan kunci ke Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Aceh Jaya dalam waktu dua minggu.

“Ini kita lakukan agar fasilitas yang ada tersebut dapat dimanfaatkan oleh pedagang lainnya yang serius untuk mengembangkan asset milik daerah ini guna pemulihan ekonomi masyarakat,” katanya.

Pihaknya juga akan membenahi fasilitas pasar sehingga pasar rakyat tersebut terus bergerak dalam mendukung peningkatan perekonomian di Kabupaten Aceh Jaya.

“Salah satu jejaring pamasaran dalam konteks lokal adalah penguatan pasar-pasar rakyat, karena banyak pasar rakyat di Aceh Jaya yang belum berfungsi secara maksimal seperti  pasar Teunom di Padang Kleng dan pasar Tanoh Manyang, dan masih ada di sejumlah titik lainnya,” kata Nurdin.

 

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022