PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) optimistis target penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Provinsi Aceh sebesar Rp2,4 triliun pada 2022 dapat tercapai.

Direktur Retail BSI Ngatari di Banda Aceh, Selasa, mengatakan saat ini realisasi penyaluran KUR di Aceh sudah mencapai Rp2,1 triliun sehingga sisa penyaluran KUR tinggal Rp300 miliar.

"Kami optimistis alokasi tersebut akan terserap maksimal dalam upaya mendukung peningkatan ekonomi masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan sektor UMKM menjadi salah satu sektor yang berperan penting dalam proses pemulihan ekonomi di Aceh sehingga salah satu program Pemerintah dalam meningkatkan akses pembiayaan pada UMKM adalah melalui KUR.

Ngatari menyebutkan BSI memiliki kuota KUR secara nasional sebesar Rp12,5 triliun dengan realisasi penyaluran sudah mencapai Rp9,5 triliun dan tersisa Rp 3 triliun hingga mendekati akhir tahun.

Ia berharap alokasi tersebut dapat terserap maksimal untuk mengembangkan serta meningkatkan skala UMKM di Aceh, agar mampu menjadi penopang kebangkitan ekonomi daerah.

Sebelumnya pada 2021, BSI Regional Aceh berhasil menyalurkan KUR sebesar Rp1,61 triliun atau melebihi target yang ditentukan BSI Pusat sebesar Rp1,4 triliun. Kuota itu bertambah di 2022 menjadi Rp2,4 triliun.

Sementara itu, penerima KUR BSI di Aceh dari awal tahun hingga Juni 2022 mencapai 20.531 orang. Sedangkan secara nasional dana KUR yang disalurkan BSI sebesar Rp6,34 triliun dengan jumlah penerima sebanyak 59.034 orang.

Dalam kesempatan ini, Ngatari menambahkan program Talenta Wirausaha Muda mampu memberikan dampak yang positif bagi masyarakat, apalagi salah satu peserta asal Aceh mampu menjadi juara 2.

Oleh karena itu, BSI akan membuat program serupa khusus untuk Aceh, untuk menjaring potensi-potensi UMKM yang ada guna mendapatkan pendampingan dan pembiayaan langsung dari BSI.

“Khusus untuk Aceh agar dilakukan tersendiri khusus (Talenta Wirausaha Muda) Aceh, untuk menjaring calon pengusaha UMKM dan pengusaha yang sudah jalan 1 sampai 2 tahun maupun yang lebih dari 2 tahun itu kita lombakan dengan hadiah yang cukup menarik dan yang lolos kita kasih juga pembiayaan KUR,” kata Ngatari.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022