Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Besar menyatakan telah menyiapkan peralatan dan personel di delapan titik dalam upaya percepatan penanganan bencana.

“Kita memiliki delapan titik Pos Wilayah Manajemen Kebakaran (WMK) di bawah BPBD Aceh Besar,” kata Kepala Pelaksana BPBD Aceh Besar, Ridwan Jamil di Lhoknga, Selasa.

Ia menjelaskan personel dan peralatan yang disiapkan tersebut guna mempercepat penanggulangan bencana apabila terjadi bencana dalam wilayah tersebut.

Ada pun delapan Pos penanganan bencana itu diantaranya di Lhoong, Krueng Raya, Peukanbada dan Sibreh.

“Kita telah menyiapkan personel sejak bulan sebelumnya dan kita siap untuk melakukan penanganan jika terjadi bencana,” katanya.

Ia mengatakan pihaknya telah memetakan kawasan rawan bencana di Aceh Besar salah satunya Kecamatan Lhoong yang rawan banjir dan longsor.

Kemudian kawasan pemukiman yang gorong-gorong atau saluran drainase lingkungan tidak dibersihkan dan berpotensi mengalami banjir genangan.

“Kita juga telah mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan di lingkungannya dan tetap waspada,” katanya.

Apel kesiapsiagaan personel dan peralatan penanggulangan bencana kabupaten Aceh Besar tahun 2022 berlangsung berlangsung khidmat di Lapangan Carlos, Lhoknga di tengah guyuran hujan.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022