Sabang (ANTARA Aceh) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Giofisika (BMKG) secara resmi sudah meluncurkan aplikasi berbasis android dan diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk mengakses prakiraan cuaca terbaru setiap saat.

Kepala Stasiun Meteorologi, Klimatologi dan Giofisika Kota Sabang, Siswanto di Sabang, Rabu menyampaikan, pihaknya juga  berinovasi dengan meresmikan aplikasi berbasis iOS yang saat ini dapat diakses para pengguna MyPhone dan diunduh secara gratis di App Store.

"Aplikasi ini merilist setiap saat prakiraan cuaca dan informasi yang diberikan lebih lengkap dan dalam satu aplikasi akan ditampilkan beragam produk informasi cuaca, iklim, kualitas udara, dan gempa bumi serta peringatan dini cuaca yang terjadi di seluruh Indonesia," kata Siswanto.

Dia menyatakan, adapun fitur-fitur dalam aplikasi Info BMKG antara lain, informasi cuaca berdasarkan lokasi, prakiraan cuaca dalam 3 hari di seluruh kabupaten/kota di Indonesia serta informasi kualitas udara di beberapa kota di Sumatera dan Kalimantan.

"Para pengguna aplikasi ini juga bisa memperoleh informasi gempa bumi terkini dan dirasakan disertai jarak titik gempa dengan lokasi anda, peringatan dini dan press release/Info aktual serta resmi dari BMKG," tuturnya.

Selain itu, dia menjelaskan, keunggulan dari aplikasi ini adalah informasi cuaca berdasarkan lokasi pengguna dan informasi jarak kejadian gempa bumi dengan lokasi anda serta informasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang terintegrasi dalam satu aplikasi mobile.

"Setelah adanya soft launching aplikasi mobile berbasis iOS ini, masyarakat dapat berperan serta memberikan saran untuk pengembangan aplikasi mobile. Dan dapat menjadikan informasi BMKG sebagai acuan bagi masyarakat untuk berpergian, berwisata dan berlibur," ujarnya.

Ia berharap, aplikasi bebasis Android ini bisa digunakan sebagai sarana mitigasi kebencanaan untuk masyarakat yang berpergian, di Kantor maupun di rumah dalam mengurangi dampak atau resiko bencana.

"Dalam aplikasi tersebut juga ada peringatan dini cuaca atau istilahnya Early Warning System (EWS)," ujar dia.

Dalam waktu dekat ini khususnya untuk wilayah Sabang akan di launching Giofisika khusus prakiraan cuawa area Sabang dan sekitarnya, kata Siswanto.

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016