Sabang (ANTARA Aceh) - Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Belawan, Sumatera Utara telah melelang ikan sitaan muatan kapal Silver Sea (SS-2) berbendera Thailand seberat 1.935 ton dengan harga Rp21 miliar di Mako Lanal Sabang, Aceh.

"Ikan di Kapal Silver Sea 2 kategori C dan campur, dan ini pelelangan terbuka, kita mulai dan kepada semua peserta lelang diharapkan menghormati proses pelelangan ini," kata petugas lelang Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), Basri di Mako Lanal Sabang, Selasa.

PPNS Perikanan pada Stasiun Belawan itu bersama stafnya membuka harga limit Rp9,650 miliar ikan campur itu dengan berat 1.935 ton dalam prizer kapal Thailand yang diamankan di Dermaga Lanal Sabang, Aceh sejak tanggal 13 Agustus 2015.

Proses lelang ikan muatan kapal SS-2 turut disaksikan langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Kota Sabang, Kejaksaan dan Danlanal Sabang yang diwakili oleh Palaksa Lanal Sabang, Letkol Hery Suprianto dan Capten Kapal SS-2 Yotin Kurabiab.

Para peserta lelang yang sudah lebih dulu melengkapi berkas administrasi syarat-syarat pelelangan yang berjumlah 5 (lima) orang satu persatu berhenti menawarkan harga yang semakn tinggi.

Peserta lelang yang memperoleh kuasa dari PT Kohyama, Darnoto yang berdomisili di Bali terus menaiki harga yang fantastis pada penawatan yang ke 50 kali yakni dengan harga Rp2,250 miliar.

Sementara, peserta lelang dari Surabaya, Syaril Budiman secara individual berani menawarkan dengan harga Rp21 miliar pada penawaran ke 51 kali dan itu menjadi penawaran akhir.

"Sekarang saya tetapkan harga ikan tersebut pada penawaran terakhir sebesar Rp21 miliar kepada Pak Syahril dan ini sebagai penawar yang tertinggi," kata petugas lelang.

Pemenang lelang ikan campur muatan kapal SS-2 berbendera Thailand Syahril Abdurrahman kepada awak media menyatakan, akan secepatnya ikan itu diangkat dari kapal sebagaimana perintah PSDKP.

"Ya, pebisnis akan segera menjual ikan itu dan kami akan memilah ikan itu terlebih dahulu dan langsung kita jual ke pembeli secepatnya di pasar lokal maupun internasional," kata pemenang lelang tersebut.

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016