Wakil Rektor (Warek) III Universitas Samudra (Unsam) Langsa Muhammad Zulfri memimpin Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Aceh periode 2022-2027.

Muhammad Zulfri terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Provinsi HKTI Aceh di Banda Aceh, Sabtu. Muhammad Zulfri terpilih setelah menjadi calon tunggal dalam musyawarah tersebut.

Musyawarah Provinsi HKTI Aceh dihadiri Ketua Organisasi dan Kaderisasi Keanggotaan (OKK) DPP HKTI yang juga Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Handoko.

Musyawarah tersebut dibuka secara simbolis oleh Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki diwakili Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh Cut Huzaimah. Serta dihadiri 23 pengurus HKTI kabupaten kota se Aceh.

Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki dalam sambutan tertulisnya mengatakan HKTI merupakan organisasi massa yang menjadi mitra pemerintah dalam menciptakan ketahanan pangan.

"Untuk itu, kami mengapresiasi dan mendukung program-program HKTI yang mempunyai misi membuat para petani sejahtera," kata Achmad Marzuki.

Sementara itu, prosesi Musprov HKTI Aceh yang dipandu Wasekjend OKK DPP HKTI Afifuddin sebagai pimpinan sidang berjalan dinamis dan lancar. 

Suasana alot sempat terjadi terkait keabsahan peserta musprov dan legalitas pengurus lama. Namun, kepiawaian Afifuddin memimpin, membuat suasana persidangan kembali mencair.

Pimpinan sidang sempat menjabarkan mengapa hanya muncul satu nama yakni Muhammad Zulfri sebagai calon tunggal Ketua HKTI Aceh periode 2022-2027.

Menurut Afifuddin, munculnya tersebut sudah berjalan sesuai dengan mekanisme yang diatur dalam AD/ART HKTI.

"Hasil fit and proprest yang digelar di HKTI, ada empat calon yang diajukan ke Ketua Umum Moeldoko. Akhirnya Ketua Umum memilih satu orang, dalam hal ini Muhammad Zulfri sebagai calon ketua HKTI Aceh,” beber Afifuddin.

Karena hanya ada satu calon alias calon tunggal, maka pimpinan sidang mengukuhkan Muhammad Zulfri sebagai Ketua HKTI Aceh periode 2022-2027 yang disambut teriakan setuju dan tepuk tangan meriah peserta musyawarah.

Usai pengukuhan ketua umum, dilanjutkan dengan pemilihan tim formatur yang nantinya bertugas membantu ketua umum terpilih dalam menyusun kepengurusan.

Tim formatur dipimpin Muhammad Zulfri, terdiri dari unsur DPP HKTI yakni Endang Sulastri serta unsur DPD HKTI Aceh Zainuddin serta dari DPC HKTI Aceh Besar dan Aceh Utara unsur panitia pengarah dan panitia pelaksana musyawarah.
 

Pewarta: Muhammad HSA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022