Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Kalangan guru yang tergabung dalam berbagai organisasi mendukung pengadaan videotron oleh Dinas Pendidikan Aceh, karena sangat mendukung dunia pendidikan di era globalisasi sekarang ini.

Ketua Solidaritas Guru Muda Aceh (SiGMA) Alfian SPd, MPd  kepada wartawan di Banda Aceh, Kamis mengatakan dirinya mendukung penuh pembelian videotron Disdik Aceh dan sudah saatnya pendidikan Aceh menggunakan teknologi di era globalisasi sekarang ini.

"Videotron sebagai media publikasi pendidikan. Dalam teknik pendidikan salah satu cara agar tranformasi ilmu behasil adalah dengan menggunakan media yang dapat menarik perhatian seperti videotron," ujar dia.

Dikatakan, melalui penggunaan video seperti itu  antusias dari peserta didik terasa dan ini adalah salah satu metode terbaik yang diterapkan dalam dunia pendidikan.

Disebutkan, penyampaian informasi kepada masyarakat saat ini juga akan lebih efektif dengan menggunakan media, apalagi dengan media elektronik.

"Pendidikan Aceh  tidak boleh stagnan dengan metode manual. Di  era serba gitalisasi sekarang ini, dunia pendidikan Aceh  harus memiliki media yang sesuai dengan perkembangan zaman," jelas Alfian lagi.

Dukungan yang sama juga diutarakan Ketua  Gerakan Aktivis Muda Guru Aceh (GAM-GA) Rakjab M Ali SPdi. Ia mengatakan videotron tersebut sangat banyak mamfaatnya untuk guru dan siswa, antara lain dapat ditampilkan pada media tersebut seperti siswa berprestasi, guru berprestasi, sekolah-sekolah berprestasi.

"Dengan adanya tampilan tersebut, sehingga dapat menjadi motivator bagi  siswa, guru dan sekolah-sekolah lainnya," kata Rakjab.

Begitu juga dalam hal belajar mengajar, lanjut dia, dapat ditampilkan informasi dalam penerimaan siswa baru online dan Publikasi Pelaksanaan  ujian akhir sekolah/nasional (UAS/UN) serta bisa juga sebagai media penghubung informasi antara dinas pendidikan dengan masyarakat
    
"Sehingga nantinya dengan adanya videotron masyarakat khususnya dan orang tua siswa dapat dimudahkan dalam mencari informasi tanpa harus mencari informasi dengan mengunjungi ke sekolah-sekolah," kata Rakjab.

Selanjutnya, Ketua Figur Aceh Ridwan mengatakan di era digital sekarang ini dalam dunia pendidikan Aceh perlu videotron dari sisi ekonomi videotron  juga sangat bermanfaat untuk daerah.

"Dengan adanya videotron dapat menghasilkan pendapatn asli daerah, yaitu dengan cara menyewakan kepada pihak-pihak yang mau mempublikasi/iklan yang menyangkut bidang pendidikan seperti publikasi buku-buku bacaan dan lainnya oleh pihak perusahaan," jelas Ridwan.

Untuk itu, ia berharap besar  agar media tersebut dapat diadakan menyangkut kebutuhan tentang informasi pendidikan yang akan ditampilkan nantinya pada media tersebut.

"Kami sangat yakin media ini akan memberi mamfaat yang berguna baik bagi para pendidik dan siswa serta masyarakat luas di Aceh," demikian Ridwan.


Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016