Pemerintah Aceh melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) mengharapkan melalui pelatihan dapat melahirkan banyak wasit dan pelatih atletik handal di masa mendatang. 

Kadispora Aceh, Dedy Yuswadi AP yang diwakili  Kepala Bidang Pembinaan dan Peningkatan Prestasi Olahraga, Bustamam ST, MT ketika membuka pelatihan wasit dan pelatih atletik tingkat dasar di Hotel Grand Aceh Syariah, Banda Aceh, Senin (7/11) mengatakan, pelatihan ini dilakukan sebagai upaya bersama untuk  meningkat prestasi olahraga terutama atletik  Aceh.

Bustamam menyebutkan, melalui pelatihan diharapkan lahir wasit dan pelatih  Aceh yang handal di masa mendatang, sehingga meningkatkan mutu olahraga atletik di Aceh.

"Kami menaruh harapan pelatihan menjadi media ilmu atletik Aceh untuk terus berkembang," katanya.

Baca juga: PASI Aceh gelar pelatihan wasit dan pelatih

Sementara itu Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (Pengprov PASI) Aceh, Drs Bachtiar Hasan, M.Pd menyebutkan, pelatihan bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) kepelatihan dan perwasitan atletik menghadapi Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIV yang digelar di Pidie, 10 - 22 Desember 2022.

Ia mengatakan, para wasit dan pelatih akan meningkatkan wawasannya dalam bertugas pada PORA di Pidie. "Para pelatih yang manangani atlet kita harapkan bisa mempertajam rekor dan wasit dapat bertugas dengan baik pada saat lomba," katanya.

"Ikutilah pelatihan ini dengan serius, disiplin dan yakin. Galilah ilmu teknis bertnding dan berlomba seoptimal mungkin, sehingga kelak menjadi wasit dan pelatih terbaik," ujar Bachtiar kepada peserta.

Baca juga: Perpani Aceh gelar pelatihan wasit Grade B dan Pelatih Level B Nasional

Bachtiar menjelaskan, pelatihan akan berlangsung lima hari, 7 hingga 11 November 2022 di Banda Aceh.

Sebutnya, pelatihan ini diikuti 46 peserta yang dibagi dua kelompok yaitu wasit dan pelatih masing-masing 23 peserta utusan dari PASI kabupaten/kota.

Bachtiar menyebutkan untuk pelatihan PASI Aceh menghadirkan tutor dari PASI Pusat yaitu H Umaryono untuk pelatihan wasit. Sedangkan untuk pelatih yakni Dr Budi Darma.

Disebutkan, pelatihan ini juga sebagai bagian dari program PASI Aceh dalam penyiapan dan pembinaan SDM bidang wasit dan pelatih untuk mendukung pengembangan dan peningkatan prestasi atletik Aceh. 

Pewarta: Release

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022