Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Almuniza Kamal berharap manajemen maskapai penerbangan asing yang melayani rute internasional seperti Firefly dari Malaysia, bisa untuk turut mempromosikan destinasi wisata dan budaya Aceh.

“Semarak kedatangan maskapai penerbangan yang bernaung di bawah Malaysia Aviation Group (MAG) itu sudah dipromosikan oleh pihaknya melalui berbagai platform, baik dari media sosial maupun media massa,” kata Almuniza Kamal di Banda Aceh, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan Almuniza di sela-sela diskusi manajemen Firefly dengan agen travel Aceh di Banda Aceh. Firefly mendarat perdana di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Aceh Besar, Senin, 7 November 2022.

Ia menjelaskan promosi yang ikut digencarkan pihaknya tersebut agar masyarakat luas mengetahui bahwa saat ini telah dibuka penerbangan langsung rute Aceh-Penang.

“Kami berharap Firefly juga bisa melakukan hal yang sama untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, baik ke Aceh maupun ke Penang, karena dua wilayah ini serumpun,” katanya.

Pihaknya berharap pada setiap penerbangan ke Penang-Aceh, diperbolehkan menyertakan informasi-informasi tentang destinasi Aceh berupa brosur atau majalah bagi penumpang di pesawat. “Intinya, kami siap mempromosikannya,” kata Almuniza.

Ia menambahkan pada 2023, Disbudpar Aceh akan menghelat Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) pada Agustus 2023 dan pihaknya berharap manajemen Firefly maupun agen travel bisa menginformasikan ke wisatawan dari Malaysia.

“Kalau kegiatan ini hanya disaksikan oleh warga Aceh saja artinya itu hanya melestarikan budaya, tapi kita ingin ini juga disaksikan oleh wisatawan luar, sebagaimana tagline kami ‘Lestarikan Budaya, Majukan Pariwisata,” katanya.

Ia juga berharap dengan pertemuan tersebut akan lahir ide-ide kreatif antara Firefly dan biro wisata untuk dikolaborasikan, agar keduanya bisa mendatangkan wisatawan baik ke Aceh maupun ke Penang.

Sebelumnya, maskapai penerbangan Firefly mendarat perdana di Bandara Sultan Iskandar Muda (BTJ), Aceh Besar, Senin, 7 November 2022, setelah bertolak dari Penang (PEN) dengan menggunakan Boeing 737-800 pukul 11.10 WIB. Firefly akan beroperasi dua kali seminggu ke Aceh dari Penang dan sebaliknya pada Senin dan Jumat.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022